TARAKAN, mediakaltara.com – Guna memuluskan bisnis barang haramnya, pengedar sabu kerap berganti-ganti modus penyelundupan. Seperti belum lama ini, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara mengungkap penyelundupan dengan cara mencari wanita untuk dijadikan istri atau pasangan sebagai umpan mengirimkan sabu.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol Samudi mengatakan, belum lama pihaknya berhasil mengungkap rencana pengiriman sabu via pesawat udara, ke Makassar, Sulawesi Selatan.

“Sabu 394,76 gram dibungkus dalam kemasan Apollo pandan oleh pelaku. Namun pelaku menitipkan sabu itu ke istrinya, untuk dibawa ke Makassar. Satu orang pelaku, berinisial SA sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sedangkan istrinya, masih diperiksa sebagai saksi, karena tidak mengetahui isi koper yang dititipkan oleh suaminya,” katanya.

Samudi mengungkapkan, dengan adanya modus memanfaatkan istri seperti ini. Pihaknya meminta agar wanita lebih cermat memilih pasangan hidup, terutama jika ada indikasi lelaki tersebut memiliki keterlibatan dengan narkotika. Berbagai upaya pasti digunakan para pelaku untuk mencoba menyelundupkan sabu, termasuk memanfaatkan orang lain.

“Terutama anak-anak atau kaum hawa yang mau di peristri, dipacari, lihat-lihat dulu lah calonnya. Jangan sampai mau memperistri, pacari wanita hanya untuk modus, diperalat,” terang Kepala BNNP Kaltara.

Ia mengimbau, Orangtua juha harus mengawasi anaknya, keluarganya. Jangan sampai terlibat narkoba. Apalagi saat ini sudah darurat narkoba, dan telah masuk ke desa-desa dengan memanfaatkan orang yang tidak tahu apa-apa. Pengawasan ini bukan hanya tugas aparat, tetapi juga semua masyarakat.

“Sebenarnya ada banyak kasus serupa seperti ini, tetapi antara pelaku dan wanitanya tidak ada hubungan suami istri. Seperti tenaga kerja wanita (TKW) di luar negeri, yang saya heran mau dijadikan istri orang-orang yang pengedar narkotika. Dikasih uang banyak, hasil jual narkoba juga. Terus disuruh bawa barang, ternyata narkoba,” pungkasnya. (Mk99)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here