TARAKAN, mediakaltara.com – Upaya menekan penyebaran Covid di pintu masuk, Kodim 0907/Tarakan lakukan random Swab Antigen di terminal kedatangan Bandara Juwata Tarakan, kepada 10 persen penumpang. Hasilnya, selama 8 hari menemukan 8 orang pendatang yang reaktif.

Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Infantri Eko Antoni Chandara Lestianto menyebutkan, rata-rata penumpang yang datang masuk Tarakan berasal dari Jawa dan Makassar, kebanyakan tujuan lanjutan seperti ke Nunukan, Sei sesayap, maupun Sembakung karena pekerja di perusahaan.

“8 orang positif itu semuanya membawa hasil Swab PCR yang rata-rata 2X24 jam. Tapi kami juga ada menemukan penumpang dari surabaya Swab PCR nya sudah 3 hari dan bisa lolos masuk Tarakan. Kemudian setelah di swab antigen penumpang tersebut juga positif,” bebernya.

Ia menjelaskan, apabila ingin berpergian ke luar kota, seharusnya setelah test PCR jangan banyak melakukan kontak agar terhindar dari penularan Covid-19.”Selain itu kami imbau juga kepada masyarakat yang kedatangan tamu atau keluarga dari luar daerah, di mohon agar dikarantina dahulu selama 14 hari, hingga dinyatakan sehat,” harapnya.

Dandim mengungkapkan, untuk tindak lanjut 8 orang pendatang yang reaktif langsung di serahkan ke Dinkes Tarakan untuk dilakukan Swab PCR kembali.

“Dalam waktu dekat ini akan kita lakukan juga random swab antigen di pintu masuk pelabuhan Tarakan,” demikian Chandra. (Rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here