TARAKAN, mediakaltara.com – Usai menghadiri acara inagurasi penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Tarakan-Balikpapan-Makassar, Sabtu (21/11) siang, Pjs Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi melanjutkan kegiatannya dengan menyambut kedatangan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI I.N.G Sudihartawan dan istri di VIP Room Bandara Juwata Tarakan.

Dalam keterangannya, Sudihartawan mengaku bahwa kunjungannya ke Tarakan dalam rangka menyambut kedatangan Satgas Operasi Bima Suci 2020 yang kini tengah dalam pelayaran etape ketujuh menuju Tarakan, Kaltara, untuk mendukung kegiatan Satuan Latihan Kartika Jala Krida 2020 Taruna dan Taruni AAL. Pada kegiatan ini turut berlayar KRI Bima Suci yang merupakan kapal latih taruna-taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan ke-67 yang didampingi KRI John Lie-358. “Rencananya besok pagi kami menerima KRI Bima Suci yang membawa taruna dan taruni untuk melaksanakan latihan praktik berlayar,” ungkapnya.

Setiap tahun, taruna dan taruni KRI Bima Suci memang melaksanakan latihan praktek untuk melintasi lautan luas. Diungkapkannya, selama ini taruna taruni hanya melaksanakan latihan teknis untuk mengarungi lautan luas sampai ke luar negeri. Namun situasi pandemi saat ini, membuat pihaknya hanya mengalokasikan taruna taruni untuk berkeliling Indonesia. “Mereka akan terus melintas sampai ke selatan dan dua minggu lagi kembali ke Surabaya,” tuturnya.

Pjs Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi saat menyambut Kedatangan Pangkoarmada II Laksda TNI ING Sudihartawan

Adapun tugas taruna taruni dalam menjalankan tugasnya mencapai satu setengah bulan berlayar. Selain itu, dirinya juga hendak melakukan tinjauan ke lokasi perbatasan, Sebatik Nunukan. Meski wilayah perbatasan di Kaltara ini dinyatakan tidak terlalu rawan namun, dirinya prihatin akan kondisi petugas yang ada di Sebatik. “Saya rencana berkunjung di Sebatik, ada pos angkatan laut disana dan pos angkatan darat serta pos kepolisian,” ucapnya.

Sebagai informasi, Sudihartawan sendiri tak asing dengan Kaltara, khususnya Kota Tarakan. Sebelum menduduki jabatannya saat ini, ia adalah Komandan KRI yang sering berlabuh di Tarakan untuk berbagai kepentingan. Namun sejak menjabat sebagai panglima armada ini menjadi kunjungan pertamanya. “Saya baru satu minggu menjabat sebagai panglima armada. Ini adalah pertama kali sejak saya menjadi panglima,” tuturnya.

Pjs Gubernur Kaltara sendiri, menyambut kedatangan Pangkoarmada II dan berharap kegiatan yang akan dilakukannya selama di Kaltara berjalan sukses dan lancar. “Selamat datang ke Kaltara, khususnya Kota Tarakan Pak Pangkoarmada II,” tukasnya.(humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here