KENDARI, mediakaltara.com – Perhelatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII dipastikan digelar di Malang Raya, Jawa Timur (Jatim) pada 20-27 Oktober 2022.

Bahkan kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim Pulung Chausar didampingi Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim Erwin dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo PWI 2022, Senin (7/2/2022).

Pulung Chausar menjelaskan pelaksanaan Porwanas akan mempertandingkan 9 cabor yakni atletik, billiard, bulutangkis, bridge, catur, futsal, sepak bola, tenis lapangan dan tenis meja. Tuan rumah juga mengusulkan tambahan 1 cabkr baru E-Sport dan lomba tradisional.

Jatim juga telah menyiapkan 13 venue atau tempat pertandingan utama. Serta 6 venue cadangan yang seluruhnya di Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Batu.

Sementara, Sekretaris Siwo PWI Kaltara Setiadi, SE menjelaskan pihaknya akan bergegas mempersiapkan diri membentuk Kontingen Kaltara. Apalagi Porwanas merupakan multievent olahraga terakbar bagi para jurnalis. “Sebenarnya kita sudah mempersiapkan Porwanas sejak jauh hari, namun karena menunggu pandemi Covid-19 menurun dan keberadaan wartawaan olahraga se Indonesia diminta turut berperan dalam PON XX Papua, maka kita konsen kesitu dulu,” ujarnya setelah mengikuti Rakernas Siwo di Kendari.

Ia membeberkan bersama Ketua PWI Kaltara sudah berkomunikasi dengan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang terkait keikutsertaan di Porwanas. “Meski Porwanas kali ini pertama kali akan diikuti para jurnalis Kaltara, tapi kita tidak serta merta tanpa persiapan dan target. Jadi nanti kami akan rapatkan cabor peluang medali sebagaimana harapan Gubernur Kaltara,” jelasnya.

Setiadi juga meminta dukungan cabor terutama dalam pembinaan (training center) para jurnalis yang mempersiapkan diri nantinya. “Setelah seleksi kita nanti akan meminta bantuan cabor terutama pelatih dalam membina para wartawan nanti,” tuturnya. (mk90)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini