TARAKAN, mediakaltara.com – Dua bungkus Sabu-sabu seberat 2 Kilogram (Kg), hasil pengungkapan Desember lalu ya g melibatkan Warga Negara Asing (WNA). Dimusnahkan Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Utara (BNNP), dengan cara dilarutkan dalam baskom berisi air, Rabu (13/1/2021) pagi.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol Henry Parlinggoman Simanjuntak mengungkapkan, pemusnahan ini merupakan transparansi kegiatan BNN, serta menyakinkan masyarakat bahwa barang bukti tidak disalahgunakan pihaknya.

“Ini agar tidak ada yang berandai-andai atau menduga barang bukti itu dimanfaatkan dan digunakan atau disalahgunakan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Jenderal Binta dua itu mengatakan, meminta masyarakat ikut melakukan pengawasan. BNNP siap diawasi, maupun di koreksi, sebab pengawasan dari masyarakat yang paling efektif.“Masyarakat kami harap lebih kuat melakukan pengawasan apa yang kami lakukan, terkhusus saat penindakan dan penanganan peredaran gelap narkoba,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Berantas BNNP Kaltara, AKBP Deden menambahkan dari pengungkapan ini, awalnya telah mengamankan tersangka WNA Philipina berinisial FY (31) dan FE (31) warga Tarakan. Kemudian setelah dilakukan pengembangan, kedatangan FE ini atas perintah WNA Philipina bernisial HN, yang saat ini mendekam di Lapas Kelas IIA Tarakan.

“Kita sudah bon HN dari lapas, dan telah kita periksa. Saat ini HN kita sudah tetapkan sebagai tersangka. Saat di amankan barang bukti HP milik HN tidak kita temukan. Tapi kami ada memiliki bukti-bukti kuat keterlibatan HN ini. Kami sudah konvrontir dengan pernyataan dua tersangka sebelumnya. Tidak lama lagi berkas perkara ini akan tahap satu di Kejaksaan,” pungkasnya. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here