TARAKAN, mediakaltara.com – tujuh orang warga dari Toli-toli, Sulawesi tengah, tertangkap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara, lantaran kedapatan membawa sabu-sabu seberat 20 Kilogram, di perairan Mangkupadi, Kabupaten Bulungan, Jumat (21/5/2021) lalu.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol Samudi mengungkapkan, tujuh orang ini masing-masing berinisial BH (36) sebagai juragan kapal Tiga Putri 10 yang digunakan membawa sabu. Enam orang lainnya RB (24), PR (27), NR (21), MH (40), SH (36) dan LM (42) merupakan anak buah kapal itu.

“Modus pelaku penyeledupan ini dengan menyembunyikan sabu dalam tumpukan kelapa. Modus ini terungkap saat tim gabungan BNNP Kaltara dan Bea Cukai Tarakan menggagalkan pengiriman sabu melalui perairan di Kaltara akan menuju Kabupaten Toli-toli. Sabu tersebut ditemukan di bagian palka kapal,” ungkapnya, Rabu (26/5/2021).

Samudi menerangkan, kapal yang digunakan menyeludupkan sabu ini datang ke Kaltara membawa sembako. Kemudian dari Kaltara, mengangkut kelapa dan juga membawa penumpang untuk diantar ke Toli-toli.

“Pengungkapan ini dilakukan pukul 03.00 Wita, pada Jumat (21/5/2021) lalu di perairan depan Pantai Mangkupadi, Kabupaten Bulungan. Nahkoda dan ABK kapal ini sudah pernah meloloskan 10 kg sabu dengan upah Rp100 juta pada bulan April laku. Tapi di Kali kedua ini berhasil kita gagalkan,” terangnya.

Cara Nahkoda mengambil sabu itu, Dijelaskan Samudi, diperintah seorang berinisial AD. Kemudian Nahkoda melakukan serah terima sabu di Pulau Keciak, Kabupaten Bulungan. Sabu kemudian diantarkan orang suruhan AD, menggunakan speedboat mesin 200 PK ke kapal. Sabu tersebut di lapis dalam bungkusan teh cina sebanyak 20 bungkus dan di masukkan kedalam karung.

“Ketujuh orang ini sudah kita tetapkan sebagai tersangka, dan akan di jerat pasal 114 ayat (2), junto pasal 132 ayat (1). Subsider pasal 112 ayat (2) junto pasal 132 ayat (1) Undang undang No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Ancamannya minimal 5 tahun penjara, sedangakn maksimal 20 tahun penjara atau hukuman mati,” demikian Kepala BNNP Kaltara. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here