TARAKAN, mediakaltara.com – Sejumlah aset tidur milik Pemerintah kota (Pemkot) Tarakan akan di refitalisasi agar dapat di manfaatkan. Langkah awal yang di ambil Pemkot Tarakan yakni memperbaiki Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Saat ditemui, walikota Tarakan, dr. Khairul M.Kes mengungkapkan, aset-aset ini bentuknya ada namun selama ini tidur atau tidak di manfaatkan dengan baik. Sehingga pihaknya menginginkan aset itu dapat di optimalkan untuk kepentingan orang banyak, dan juga untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Aset tidur yang kita miliki saat ini diantaranya Pabrik rumput laut yang berada di Jalan Binalatung  RT 11, Kelurahan Pantai Amal. Kemudian ada juga balai benih udang walau sudah termanfaatkan namun belum optimal, dan Kawasan usaha peternakan (Kunak) yang secara kondisi alam tidak cocok karena areanya rawa, jika di reklamasi akan mengeluarkan banyak biaya, jadi bisa saja sekalian dibikin untuk tambak misalnya,” ucapnya.

Untuk Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Kata Khairul, sedang di perbaiki, agar bisa di manfaatkan lebih baik,”Dari pada ada namanya tapi tidak di manfaatkan jadi kita perbaiki. Asetnya tinggal di kelola, kalau pun keluar dana itu untuk subsidi di modal awal saja. Makanya yang kelola nanti adalah perusahan yang punya target, jadi nanti baru bisa di hitung PAD nya. Kalau sudah di setujui penyertaan modal baru bisa di hitung, dengan melakukan apresial. Sedangkan untuk manajemennya itu harus kita diskusikan, nanti di kaji dan di telusuri melalui Panitia Seleksi (Pansel) juga. Dari kita maunya orang yang di tunjuk Manajemen sungguh-sungguh bekerjanya,” tuntasnya. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here