TARAKAN, mediakaltara.com – Sebagai salah satu perlintasan kapal ke arah laut Sulawesi, tahun ini Direktorat Polisi perairan dan udara (Dit Polairud) Polda Kaltara berencana mendirikan pos penjagaan di wilayah Tanah Merah, Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Bulungan.

Saat ditemui, Direktur Polairud Polda Kaltara, Kombes Pol Bambang Wiriawan mengatakan, pendirian pos penjagaan baru itu di rencanakan pertengahan tahun ini.”Kenapa di Tanah merah direncanakan didirikan pos jaga, karena di situ jalur perlintasan langsung ke laut Sulawesi. Kemudian dalam waktu dekat akan di bangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang di pastikan akan ada banyak kapal masuk, sehingga kita antisipasi kerawanan pencurian di atas kapal, terjadinya kecelakaan laut, dan tindak pidana lainnya. Perkiraan pertengahan tahun ini pos baru bisa berdiri,” ungkapnya, Senin (11/1/2021).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya baru memiliki tiga pos jaga yang tersebar di Kabupaten Nunukan, Sebatik, dan teluk Ancam. Dimana dalam satu pos di stanbaykan satu kapal patroli dan tiga personil bersenjata lengkap.

Direktur Polairud Polda Kaltara, Kombes Pol Bambang Wiriawan.

Lanjut Perwira yang baru menjabat Dir Polairud Polda Kaltara ini selain sarana dan prasarana, pihaknya juga perlahan mendapat tambahan personel dari 42 Personel yang ada.

“Kami baru mendapat tambahan lagi dari Polda sebanyak 6 personel. Rencana dari Tamtama ada tambahan tiga orang. Semoga lulusan bulan Juli nanti kita bisa dapat lagi tambahan personil,” sebutnya.

Terkait tingkat kerawanan penyelundupan sepanjang tahun 2020, Bambang Wiriawan mengakui Semenjak Tawau Malaysia menerapkan Lock down, tidak ada aktivitas penyelundupan barang ilegal.

“Tapi yang kita antisipasi yaitu narkoba dan bahan-bahan bom yang di selundupkan masuk ke Kaltara. Semua sarana kita, seperti 9 unit Kapal yang di sebar di kabupaten/kota di Kaltara dan satu unit helikopter rutin melaksanakan patroli. Dengan kemampuan kita yang masih minim, kami juha bekerja sama dengan stake holder terkait di wilayah perairan,” demikian Kombes Pol Bambang Wiriawan. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here