Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasionas (Bappenas) ikut mengkaji wacana pemindahan ibu kota. Hasil kajiannya, BNPB mengusulkan tiga provinsi di Kalimantan menjadi opsi wilayah Ibu Kota yang baru.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (berdiri).

“Lokasi untuk pemindahan Ibu Kota Indonesia mengerucut kepada tiga wilayah, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Gedung BNBP, Jakarta, Selasa, 30 April 2019.
 
Ia mengatakan tiga provinsi itu dipilih karena dinilai paling aman dari bencana. Sebab, dalam 59 tahun terakhir tidak ada bencana besar di pulau Borneo tersebut.

“Kalau kita lihat di tahun 1960 sampai dengan sekarang, kejadian bencana, wilayah paling aman ya di Kalimantan. Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat tadi, dari segi bencana, banjir, longsor, kebakaran hutan itu bisa di kendalikan,” ujarnya.

Sutopo mengatakan, masih ada kajian lebih lanjut tentang rencana pemindahan Ibu Kota. Setelah itu, Bappenas akan mengumumkan wilayah mana yang dinilai cocok menjadi pusat pemerintahan beradasarkan hasil kajian.

“Nanti pasti sudah masuk wilayah, kabupaten mana yang lebih fleksibel, lebih layak. Tapi dari segi kebencanaan tadi saya sampaikan ya, relatif aman,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berencana memindahkan Ibu Kota ke luar pulau Jawa. Hal itu diputuskan Jokowi dalam rapat terbatas terkait pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sumber: medcom.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here