TARAKAN, mediakaltara.com – Sebagai upaya meningkatkan profesionalisme serta naluri tempur, prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Armada II menggelar puncak latihan di Pantai Amal Lama dengan konsep penyerangan markas Separatis di pinggir pantai.

Komandan Pusat Komando Pasukan Katak (Danpuskopaska), Laksamana Pertama TNI Yudhi Bramantyo Nur Sasongko mengatakan, ini merupakan implementasi menghadapi setiap bentuk ancaman yang mungkin terjadi di perbatasan.

“Selain itu sebagai upaya meningkatkan profesionalisme serta naluri tempur, prajurit-prajurit Satkopaska Armada II, dimana merupakan salah satu bagian dari pasukan khusus TNI Angkatan Laut,” ujar dia, Rabu (27/7/2022)

Dijelaskannya, dalam latihan ini melibatkan 156 personel Satkopaska Armada II, juga didukung oleh KRI dari Armada II serta Satrol Lantamal XIII Tarakan.

“Kita juga dapat bantuan transportasi udara untuk mendukung latihan puncak ini. Ada satu pesawat cassa, kemudian satu unsur Helikopter dari Pus Penerbang,” terang dia.

Ia menyebutkan, latihan ini memiliki tahapan dimana prajurit di lepas di tengah laut untuk melakukan penyusupan ke wilayah lawan.

“Skenarionya seperti itu dalam rangka menghadapi ancaman dari pihak musuh, kemudian melaksanakan pembersihan pantai dan mengamankan objek vital nasional,” ungkap Jenderal bintang satu ini.

Terpisah, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S. berpesan kepada para prajurit agar meningkatkan kinerja.“ Hal Paling penting bertugas di pangkalan yakni kita perlu beradaptasi dengan lingkungan. Saya harap mereka menjadi bagian solusi bagi masyarakat jangan mereka menjadi permasalahan itu sendiri,” ucapnya. (Mk90)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini