TANJUNG SELOR, mediakaltara.com – Polda Kalimantan Utara mengajak masyarakat peduli api Kecamatan Tanjung Palas Timur, agar berperan aktif dalam pencegahan dan penanggupangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayahnya. Ajakan tersebut disampaikan melalui kegiatan sosialisasi, Jumat (7/5/2021) di Gedung Serbaguna Desa Tanah Kuning.

Tujuan kegiatan tersebut adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat, tentang pentingnya menjaga lingkungan. Polda Kaltara juga menyampaikan sejumlah potensi Karhutla di wilayah Kecamatan Tanjung Palas Timur.

KEGIATAN sosialisasi pencegahan dan penanganan Karhutla.

Berdasarkan pantauan satelit aqua dan Lapan, di wilayah Tanjung Palas Timur terdapat sejumlah titik panas atau hotspot yang terpantau. Ditambah lagi, berdasarkan prakiraan BMKG, wilayah Kalimantan Utara akan memasuki musim kemaran dan musim tanam pada bulan Juli.

Pada kegiatan ini, Kepala Desa Tanah Kuning menyampaikan belum ada kegiatan pembukaan lahan yang dilakukan oleh warganya. Sebab sebagian warga Desa Tanah Kuning berprofesi sebagai nelayan. Sementara itu aktivitas perkebunan dilakukan di desa Mangkupadi.

Perwakilan Masyarakat Peduli Api (MPA) desa Tanah Kuning, Satuang mengatakan, pihaknya akan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat, terkait pencegahan dan penanganan karhutla.

“Peran kami di lapangan selain turut berkontribusi saat pemadaman api, juga turut memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Namun apabila terdapat pertanyaan dari masyarakat saat akan membuka lahan, kami siap berkordinasi terhadap perangkat Desa maupun pihak Polsek Tanjung Palas Timur,” ujar dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bidin dari Perwakilan Desa Mangkupadi. Selain masyarakat, perusahaan juga harus memberikan kontribusi dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla.

“Harapan kami pihak perusahaan yg ada di Desa Mangkupadi bersedia turut memberikan kontribusi dalam penanganan karhutla,” kata Bidin.

Usai kegiatan sosialisasi, dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada masyarakat. Yakni 2 unit mesin Alkon, 10 kotak masker, 4 bungkus sarung tangan, 2 rol selang 100 meter dan selang per 8 meter.

PEMBAGIAN bantuan kepada masyarakat.

Polda Kaltara juga memberikan 10 spanduk berisi imbauan dan ajakan kepasa masyarakat, yang akan dipasang di sejumlah titik rawan Karhutla Kecamatan Tanjung Palas Timur. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here