TARAKAN, mediakaltara.com – Pasca Pemerintah pusat menetapkan kota Tarakan memberlakukan pola hidup New Normal  atau berprilaku normal baru dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Aparat keamanan TNI/Polri mulai membahas penyiagaan personil guna melakukan pengawasan pemberlakuan New Normal tersebut.

Saat dikonfirmasi, Komandan Kodim 0907/TRK Letkol Infantri Eko Antoni Chandra memastikan menyiagakan personilnya selama pemberlakuan New Normal di Tarakan. Selain itu pihaknya akan menambah personil untuk melakukan pengawasan New Normal itu khususnya di lingkungan masyarakat.

“Kita akan membantu memastikan masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan virus Covid-19. Seperti memakai masker dan menjaga jarak fisik. Untuk pengawasan, kita akan fokuskan di objek vital, ruang publik atau tempat umum,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan gencar memberikan imbauan dari semua unsur, baik TNI AD, AU dan AL akan dilibatkan dalam pengawasan new normal.” Kami akan membagi tugas di lapangan. Misal, TNI AL akan ditempatkan di pelabuhan, TNI AU di bandara dan TNI AD di tempat umum,” kata Eko Antoni Chandra.

Terpisah, Kapolres Tarakan AKBP Filol Praja Arthadira menambahkan, persiapan secara bertahap mulai dilakukan pihaknya sesuai instruksi Kapolri.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan berkoordinasi dengan Kodim 0907/Tarakan terkait teknis yang akan diterapkan. Intinya kalau dari Polri siap mengamankan new normal,” ucap dia.

Besar harapannya, seluruh unsur masyarakat bisa mengikuti aturan yang disiapkan pemerintah selama penerapan new normal.

“Semua perusahaan dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa ikut menerapakan New Normal. Selain itu perlu dipahami bersama, yang diatur dalam new normal,” demikian Filol. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here