TARAKAN, mediakaltara.com – Pesawat jenis bombardir milik maskapai Garuda Indonesia, per 21 November mendatang akan kembali melayani rute penerbangan di Tarakan, dengan tujuan Tarakan-Balikpapan dan Balikpapan-Tarakan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Juwata Tarakan, Agus Priyanto menerangkan, pihak Garuda awalnya mengajukan permintaan pada 27 Oktober lalu dan ditunda 10 November. Alhasil izin yang dikeluarkan per tanggal 11, menyatakan baru bisa beroperasi mulai 21 November.

“Jadwal penerbangannya setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu di pukul 11.10 Wita dari Tarakan ke Balikpapan. Sementara penerbangan dari Balikpapan ke Tarakan pukul 08.55 Wita. Kapasitas pesawat ini mampu menampung hingga 95 penumpang. Tetapi di masa pandemi Covid-19, hanya memperbolehkan sekitar 60 sampai 70 penumpang di angkut,” terangnya.

Menurut Agus, kembalinya Garuda beroperasi di Tarakan ini dinilai karena ada demand (permintaan). Disamping itu menambah frekuensi penumpang yang ada di Balikpapan untuk dibawa ke Jakarta.

“Jadi bombardir (pesawat) dari Tarakan-Balikpapan sudah terkoneksi dengan Jakarta dan Makassar. Yah, dengan masuknya Garuda Indonesia di Bandara Juwata Tarakan, ada tiga maskapai khusus penumpang dengan jenis boeing. Yaitu Lion Air, Batik, dan Garuda Indonesia,” ujarnya.

Ditengah adaptasi kebiasaan baru ini, Diakui Agus, animo masyarakat menggunakan transportasi udara terlihat mulai meningkat sugnifikan. Hal ini didasari dengan adanya tujuh penerbangan dari Tarakan dari 3 maskapai pesawat. Otomatis, jika jumlah penerbangan bertambah maka frekuensi penumpang juga melonjak.

“Saya sangat mengapresiasi, nantinya harga tiket pesawat bisa bersaing sehat. Kita hanya bisa membatasi harga oleh titik batas atas dikisaran Rp 1.034.000. Sementara kategori titik batas bawah Rp 362.000. Ini untuk full service, tidak bisa kita bandingkan dengan yang low cost. Jadi kalau kita bandingkan itu yang sekelas, misal Batik dengan Garuda Indonesia,” pungkasnya. (Mk88/rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here