TARAKAN, mediakaltara.com – Sejumlah tempat keramaian publik di Tarakan sampai saat ini masih di semprotkan disinfektan.

Kepala Markas PMI Kaltara, Amrin mengungkapkan, Selain di tempat keramaiam publik, tempat ibadah dan wilayah ditinggali pasien positif Covid-19 juga menjadi fokus penyemprotan.

“Dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi Covid-19 ini baru akan berakhir pada Agustus nanti. Kalau di Tarakan penyemprotan setiap hari dilakukan karena banyak permintaan. Sementara di Nunukan hanya dilakukan pada Jumat dan Sabtu. Lalu di Bulungan setiap Senin hingga Sabtu,” ungkapnya.

Ada beberapa protap harus dipatuhi oleh relawan saat melakukan penyemprotan disenfektan, yang paling utama penyemprotan di lokasi yang positif Covid-19.“ Relawan wajib menggunakan APD level 3 untuk memastikan relawan tidak terpapar Covid-19. Sementara kalau di tempat biasa menggunakan alat pengaman diri (APD) level 2 saja,” terang Amrin.

Terpisah, Komandan Kodim 0907 Tarakan Letkol Eko Antoni Chandra mengatakan, penyemprotan yang dilakukan pihaknya bersinergi dengan instansi lain, seperti Polres Tarakan.

“Kami mau seluruh komponen ikut peduli dengan pencegahan Covid ini. Kita sudah melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi keramaian umum, tempat ibadah dan pasar gusher,” katanya, Selasa (14/7/2020) usai giat penyemprotan.

Penyemprotan Disinfektan kali ini, Diterangkan Dandim, merupakan rangkaian HUT Kodam VI/Mulawarman. Sesuai Jadwal hari Jumat dilakukan penyemprotan di Masjid-masjid yang ada di Tarakan. Sedangkan Sabtu dan Minggu dilaksanakan di rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya.

Di sisi lain, Kapolsek Tarakan Barat Iptu Joko Pitono mengakui, kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan personelnya, di wilayah Kelurahan Karang Anyar. “Kegiatan penyemprotan.di Kampung Trengginas, Karang anyar,” ujarnya.

Lanjut Joko, khusus di wilayah Kecamatan Tarakan Barat penyemprotan dikhususkan di wilayah Karang Anyar, karena merupakan zona merah dan terbanyak pasien positif Covid-19.

“penyemprotan kita menyasar jalanan, rumah penduduk dan tempat ibadah,” tutupnya. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here