TARAKAN, mediakaltara.com – Dua bungkus sabu sekitar 2 Kilogram (Kg) di selundupkan melalui perairan di Kaltara berhasil di gagalkan tim berantas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara bersama Beacukai Tarakan, di daerah pulau Ladang, Kabupaten Bulungan, Senin (8/3/2021) lalu.

Saat ditemui, Brigjen Pol Samudi mengatakan, dari pengungkapan ini pihaknya berhasil mengamankan juga dua pelaku penyelundupan narkoba ini, masing-masing berinisial AB (69) dan SA (44).

“Awalnya kami mendapat laporan dari akan ada penyelundupan narkotika dari Malaysia ke Indonesia melalui wilayah Kaltara. Selanjutnya kita berkoordinasi dengan tim tindak Bea Cukai Tarakan untuk melakukan penyelidikan dan mencurigai sebuah speed yang sedang bersandar di dekat Pulau Ladang, Kabupaten Bulungan,” ungkapnya, Selasa (9/3/2021).

Setelah tim mendekati speed itu, kata Samudi dilakukan pemeriksaan, dan interogasi terhadap pelaku AB, ditemukanlah dua bungkus besar kemasan teh hijau yang berisi sabu dengan berat 2 Kg digantung pada batang pohon Nipah tidak jauh dari speed yang bersandar.

“Sabu itu dalam kemasan teh hijau ini nerada dalam kotak kardus yang di bungkus lagi dengan kresek hitam. Jadi rencananya sabu ini akan diberikan kepada seseorang yang dihubungi melalui telepon. Tim melakukan pengembangan, dan berhasil mengamankan seorang pria inisial SA di Kelurahan Karang Anyar Pantai, Kecamatan Tarakan Barat,” terang Jenderal Bintang satu ini.

Lanjut Samudi, pelaku AB merupakan residivis narkotika yang pernah di tangkap oleh Polres Bulungan. Namun AB kembali berulah lagi.

“Kedua pelaku informasinya di janjikan upah Rp20 Juta untuk meloloskan sabu-sabu ini. Dari pengungkapan ini kita juga speed boat yang digunakan pelaku, tiga unit HP, dan sepeda motor. Keduanya ini warga Tarakan,” pungkasnya.

Samudi menegaskan, kedua pelaku dijerat pasal 114 ayat 2, junto pasal 112 ayat 2, dan pasal 132 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009.” Ancaman minimal 6 tahun penjara, paling maksimal 20 tahun penjara. Kami dalam mengungkap kasus narkoba tidak terlepas dengan koordinasi dengan Bea cukai Tarakan,” demikian Kepala BNNP Kaltara. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here