TARAKAN, mediakaltara.com – Wali Kota Tarakan dr. Khairul M. Kes mengapresiasi atas lancarnya pelaksanaan tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru saja berlangsung pada akhir tahun lalu. Hal ini di sampaikan saat menghadiri rapat koordinasi evaluasi pada Pemilihan Kepala Daerah Kaltara Tahun 2020 di Swiss-belhotel Tarakan, Jumat (16/4/2021).

“Alhamdulillah berhasil dengan baik dan hasilnya juga baik, menghasilkan pemimpin-pemimpin yang baik dan tentu kualitas pelaksanaannya baik. Dan yang paling penting bahwa tidak ada konflik yang terjadi pada saat pelaksanaan pilkada baik pada saat prosesnya maupun sampai setelah selesai, penetapan,” ujar wali kota.

Tentu bahwa prestasi ini, menurut wali kota, dicapai tidak begitu, namun ini adalah hasil kerja semua. Baik dari penyelenggara dalam hal ini KPU, termasuk juga dari Bawaslu selaku pengawas, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota yang sudah memberikan ruang cukup baik untuk kegiatan demokrasi di Kaltara.

Hal itulah yang kemudian menimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan pilkada. Ini dibuktikan dengan cukup tingginya angka partisipasi pemilih pada Pilkada lalu yakni 76 persen. Sehingga pemimpin yang dihasilkan dipastikan pemimpin yang dikehendaki rakyat.

Ke depan, wali kota menilai, penguatan terhadap kelembagaan penyelenggara pemilu perlu dilakukan. Seperti terhadap Bawaslu dengan melakukan kegiatan-kegiatan evaluasi. Karena pemilu maupun pilkada sudah menjadi instrumen demokrtasi, tetapi faktanya di negara maju sekalipun, kecurangan maupun juga pelanggaran-pelanggaran tetap terjadi.

Oleh karena itu, integritas dari Bawaslu menjadi sangat penting di dalam penegakkan demokrasi. Sehingga wali kota merasa yakin dan percaya, jika hal ini dapat terus dilakukan, ke depan partisipasi politik masyarakat semakin meningkat. Dan itu akan memberikan jaminan menghasilkan seorang pemimpin yang berkualitas.

Di antaranya, Pemkot Tarakan siap menghibahkan lahan untuk pembangunan Kantor Bawaslu yang lebih representatif di kawasan pusat pemerintahan yang baru di Kelurahan Juwata Laut.

Nantinya kantor Bawaslu Tarakan akan berdampingan dengan Kantor KPU Tarakan, Mako Polres Tarakan, Kodim 0907/Tarakan, Kejaksaan dan lain-lain.

“Kami dari pemerintah kota tentunya sangat mendukung peningkatan kualitas Bawaslu ini,” tutur wali kota. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here