TARAKAN, mediakaltara.com – Gubernur Kalimantan Utara, Drs Zainal A Paliwang, SH, M.Hum turut memusnahkan 20 kilogram narkoba jenis sabu-sabu. Ini dilakukannya dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara, Senin (28/6/2021).

Gubernur Zainal menjelaskan, untuk mencegah peredaran narkoba, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara akan terus mendukung langkah BNNP. Upaya lainnya adalah terus berkoordinasi dengan aparat terkait seperti kepolisian dan TNI dalam mencegah peredaran narkoba.

“Sampai saat ini kita masih aktif berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mendukung BNNP, artinya jangan sampai peredaran narkoba di Kaltara terus naik,” jelas Gubernu Zainal di Tarakan.

Gubernur Zainal mengungkapkan, pada saat menjabat Waka Polda Kaltara jumlah BB sabu yang dimusnahkan bisa mencapai hingga ratusan kilogram. Sedangkan tahun ini, diperkiraan sabu yang dimusnahkan di Polda saja berkisar 30 kilogram.

“Di BNNP sendiri di 2021 ini saja mencapai sekitar 23 kg, artinya kalau kita lihat dari presentasi yang ada di Kaltara ini tiap tahunnya terjadi penurunan kasus peredaran narkoba,” ungkapnya.

“Kita harapkan dengan adanya upaya pencegahan dari BNNP dan pihak terkait lainnya, peredaran narkoba di Kaltara ini bisa kita cegah,” tambah Gubernur Zainal.

Dalam upaya mendukung pemberantasan narkoba, Gubernur Zainal memastikan, Pemprov Kaltara akan berupaya semaksimal mungkin mendukung melengkapi peralatan yang dimiliki BNNP Kaltara.

“Seperti alat transportasinya nanti kita upayakan dilengkapi, khususnya alat transportasi air, kan kita ketahui peredaran narkoba di Katara ini banyak terjadi di perairan,” terang Gubernur Zainal.

Namun, Gubernur Zainal menegaskan, bantuan utama yang akan diupayakan Pemprov Kaltara untuk BNNP yakni berupa kantor. Mengingat, sampai saat ini BNNP Kaltara kantornya masih menumpang.

“Kita upayakan kantor dan tempat rehabilitasi dulu untuk BNNP Kaltara, tapi saya mau lokasinya nanti di Ibu Kota Kaltara, karena BNNP ini ruang lingkupnya provinsi,” tegas Guberur Zainal.

Sebelum melakukan pemusnahan sabu, terlebih dulu Gubernur Zainal bersama Kapala BNNP Kaltara Brigjen Pol Samudi, Kabinda Kaltara Brigjen TNI Sulaiman dan tamu undangan lainnya menghadiri upacara HANI dan mendengarkan arahan dari Wakil Presiden RI Ma’auf Amin, secara virtual.

Selain memusnahkan puluhan kg sabu, dalam kesempatan ini Gubernur Zainal turut memberikan penghargaan secara simbolis kepada anggota BNNP Kaltara, yang aktif melakukan pengungkapan kasus narkoba di Kaltara. (mil/dkispkaltara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here