TARAKAN, mediakaltara.com – Kampung Trengginas di kota Tarakan bertempat di Kelurahan Karang anyar, Kecamatan Tarakan Barat di resmikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara, Dr H Irianto Lambrie bersama Kapolda Kaltara, Irjen Pol Drs. Indrajit S.H dan Danrem 092/ Maharajalila Brigjen TNI Suratno, Rabu (24/6/2020) pagi tadi.

Usai meresmikan, Irianto Lambrie menerangkan, gagasan kampung trengginas ini inturksi dari Kapolri serentak di seluruh daerah. Dibentuk sebagai upaya percepatan penaggulangan Covid-19. Selain itu membantu mengatasi dampak lanjutan, seperti dampak ekonomi sehingga dalam kampung ini di bentuk empat satgas.

“Intinya dalam kondisi pandemi ini masyarakat terdampak bisa di bantu, karena dukungan maupun Kemampuan pemerintah terbatas baik personil dan pendanaan. Sehingga mendidik setiap warga Negara bisa menolong diri sendiri. Dari masalah pencegahan, pengobatan, kemudian jika ada terpapar, dampak sosialnya, kebutuhan pangannya, dan masalah pekerjaan mereka, semua terintegrasi dan harus dilakukan masyarakat sendiri. Pemerintah hanya sebagai fasilitator dan pendukung,” terangnya.

Irianto menuturkan, Seperti keperluan masker dan hand sanitizer yang dibutuhkan kampung ini, langsung di penuhi oleh pihaknya.

“Disamping itu, Jika ada warga tidak mampu khusus pelajar, dan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di luar Kaltara, atau tokoh agama yang belum pernah di rapid test. Maka kita gratiskanRapid Test nya, tapi kita seleksi karena kriteria dapat gratis uangnya dari APBD,” tutur dia.

Kapolda Kaltara, Irjen Pol Drs. Indrajit S.H menambahkan, di Kaltara ada empat kampung trengginas di tiap-tiap Polres. Besar harapannya semua kampung melakukan hal yang serupa.

“Jadi disiplin itu dari bawah, Kita pertama pencegahan supaya tidak meluas, dan ketahanan agar dampak ekonomi tidak meluas. Seperti di kampung ini membudidayakan ikan lele sehingga dapat membantu masyarakat tedampak. Kita memilih nama kampung trengginas ini filosofinya mengelak dan memukul Covid-19 jika menyebar kekampung ini,” tuntasnya. (rt20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini