TARAKAN, mediakaltara.com – Menggunakan sepeda motor pinjaman, seorang pencuri berinisial KI beraksi salah satu di Kios Buah Jalan Seroja tepatnya, Kelurahan Karang Anyar. Dari aksinya itu KI menggasak sebuah tas berisi uang jutaan rupiah, namun sayang aksinya terekam jelas kamera CCTV, pada Minggu, 19 Juni 2022 lalu.

Kasat Reskrim Polres Tarakan IPTU Muhammad Aldi melalui Kanit Pidum, IPDA Muhmmad Farhan mengatakan, pemilik kios menyadari dirinya menjadi korban pencurian, ketika korban beristirahat tidur setelah melayani pembeli dan saat bangun tidur, tas berisi uang jutaan rupiah di dekatnya hilang

“Dalam tas korban berisi uang sebesar Rp 4 juta dan empat lembar uang ringgit Malaysia. Hari itu juga korban langsung melaporkan kejadian ini ke Polres,” ujarnya, Kamis (23/6/2022).

Berdasarkan penyelidikan, dijelaskan Farhan, dari CCTV yang terpasang disekitar kios itu pihaknya berhasil mendapat petunjuk ciri-ciri pelaku yang hasilnya mengarah kepada KI yang saat itu menggunakan motor Yamaha Mio warna merah maron KU 2156 GH.

“Kami tidak butuh waktu lama, berselang beberapa jam setelah kejadian pelaku KI langsung kami tangkap di salah satu Salon kecantikan bilangan Cenderawasih. Dari pengakuannya, tas curian itu disimpannya di atas Plafon salon.

“Modusnya itu beraksi sendirian dengan cara memantau terlebih dahulu daerah sekitar. Setelah aman KI langsung mengambil tas korban dan kabur menggunakan sepeda motor,” terang Perwira balok satu ini.

Farhan mengungkapkan, uang tunai Rp 4 juta milik korban sudah sempat di pakai pelaku sebesar Rp 3 juta 250 ribu untuk membeli keperluan sehari-hari, sehingga tersisa Rp 750 ribu saja. Sedangkan uang ringgit Malaysia masih utuh.

“Saat ini KI sudah di tetapkan tersangka dan dijerat Pasal 362 KUHPidana dengan ancaman 5 tahun kurungan badan. Jadi si pelaku ini juga residivis dengan kasus yang sama,” pungkas dia. (Mk90)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini