TARAKAN, mediakaltara.com – Dianggap sebagai lokasi rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tiga jalan di Tarakan dipasang spanduk peringatan, dalam Operasi Zebra Kayan 2020, dengan harapan meminimalisir angka kecelakaan.

Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja Arthadira melalui Kasat Lantas AKP Arofiek Aprilian Riswanto menuturkan, jalan di pasangkan spanduk “hati-hati daerah rawan laka lantas” yakni jalan Sei sesayap depan Islamic Center, jalan P. Diponegoro Gunung Belah serta jalan P.Aji Iskandar Kelurahan Juata Permai.“Giat ini intruksi dari pusat, guna menekan laka lantas selama operasi Zebra berlangsung,” tuturnya.

Arofiek mengakui, jalan tergolong rawan laka di usulkan agar dipasang pita penggaduh, sehingga membantu mengurangi laju kendaraan, seperti di Jalan Diponegoro dan Jalan Agus Salim. Namun, usulan ini harus dengan bersurat ke Dinas Perhubungan Tarakan.

“Kita berharapnya dapat dipasang. Memang lokasi itu rawan laka lantas dan balap liar juga. Apalagi kalau malam, penerangan kurang jadi memang layak kalau diberikan pita penggaduh,” ucapnya.

Ia menjelaskan, tiga lokasi rawan kecelakaan ini, angka laka lantasnya cukup tinggi. Belum lama ini, terjadi laka di jalan P. Diponegoro menyebabkan pejalan kaki meninggal dunia akibat ditabrak oleh kendaraan roda empat.

“Jumlah laka lantas tahun ini naik, tapi tidak signifikan. Jadi tingkat fatalitasnya menurun signifikan, korban laka luka berat dan meninggal dunia berkurang sekali sampai 30 persen,” beber Arofiek.

Belum lama ini juga, Kata Arofiek, terjadi pergeseran lokasi rawan laka, salah satunya di sekitar Jalan Mulawarman sekitar depan Bandara Juwata Tarakan. Dua kali laka lantas out of control, pengemudi menabrak tiang listrik dan pembatas jalan. Kemudian, di Kelurahan Juata Laut yang mengarah ke dermaga Polairud Polda Kaltara juga menjadi titik rawan laka.

“Di Jalan Mulawarman ini cukup rawan juga. Apalagi kondisi cuaca yang mempengaruhi, angin kencang, penglihatan kurang. Sehingga pengemudi tidak bisa mengontrol diri,” pungkasnya. (Mk88/Rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here