TARAKAN, mediakaltara.com – Dengan adanya tambahan 4.000 Alat Pelindung Diri (APD), Jumat (1/5/2020) siang tadi. Di bawa Pesawat angkutan berat berjenis Hercules milik TNI AU, yag tiba di Lanud Anang Busra. Total APD yang diterima minggu ini sudah sebanyak 8.000 APD

Dandim 0907 Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra menuturkan, tambahan 4.000 APD ini dikemas dalam 80 koli.”Setelah tiba di Kodim, kita disinfeksi dulu baru diserahkan. Untuk saat ini, masih 8.000 APD berada di Kodim 0907 Tarakan yang belum diserahkan ke Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kaltara. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan APD yang baru saja tiba kemarin,” tuturnya.

Dilain sisi, Direktur Utama RSUD Tarakan dr. Hasbi Hasyim mengaku, ini adalah kali ketujuhnya  Provinsi Kaltara mendapatkan bantuan APD dari Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 pusat.

Tiba di Lanud Anang Busra, Dandim 0907/Trk, tanda tangani serah terima APD.

“Semua APD yang kita terima dalam kondisi baik, tidak ada yang mengalami kerusakan. Begitu juga Kualitasnya sangat bagus,” ungkapnya.

Hasbi menjelaskan, stok APD di RSUD Tarakan yang tersedia saat ini sebanyak 2.600 APD. Dari jumlah itu masih dinilai kurang, lantaran tidak mencukupi kebutuhan selama sebulan.

“satu APD hanya digunakan paling lama 4 jam. Artinya setiap 4 jam, para tenaga medis yang bertugas menangani covid-19 harus diganti. Rata-rata 10 sampai 15 petugas yang menggunakannya, Jadi kalau kita hitung bisa di atas seratus penggunaan APD dalam sehari,” jelasnya.

Ia memperkirakan, di RSUD Tarakan paling tidak membutuhkan 3.000 APD selama sebulan.“Jumlah itu belum termasuk kalau operasi tindakan covid-19. Jadi kami tetap butuh banyak APD,” demikian Hasbi. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here