Le Mans: Pencapaian luar biasa diraih Marc Marquez saat menjuarai MotoGP Prancis. Dengan begitu artinya, dia turut membantu pabrikan Honda merengkuh kemenangan ke-300 di seluruh ajang balap motor kelas primer.

Marc Marquez rayakan kemenangan MotoGP Prancis dengan kru tim Honda.

Menurut laman resmi MotoGP, kemenangan perdana Honda di event balap motor level tertinggi dipersembahkan oleh Jim Redman pada 1966 atau 53 tahun silam. Dan, Marquez sudah membela Honda di MotoGP sejak 2013.

Marquez yang kini berusia 26 tahun punya lima gelar juara dunia MotoGP bersama Honda, yakni pada 2013, 2014, 2016, 2017, dan 2018. Dia pun sukses memecahkan rekor Valentino Rossi sebagai pembalap termuda yang menjuarai semua kelas bergengsi.

Ketika mengarungi MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu 19 Mei malam WIB, Marquez tampil sangat dominan. Di hanya terganggu oleh Jack Miller pada putaran pertama, sebelum akhirnya finis paling depan.

Catatan waktu Marquez untuk menyelesaikan MotoGP Prancis dengan motor Honda RC213V hanya 41 menit 53.647 detik. Andrea Dovizioso dari tim Ducati berada di belakangnya dengan selisih waktu hingga 1.984 detik.

Hasil MotoGP Prancis sekaligus juga kemenangan ketiga Marquez di sepanjang musim ini. Dengan begitu, dia makin kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 95 poin. Sebelumnya, Marquez naik podium utama di MotoGP Spanyol dan Argentina. (Red/MK/medcom.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here