Liverpool – Liverpool berhasil mengamankan poin penuh usai membungkam Brighton & Hove Albion, Sabtu 30 November. Meski diwarnai kartu merah Alisson Becker, The Reds mampu meraih kemenangan 2-1 pada pekan ke-14 Liga Primer Inggris.

Kemenangan di Stadion Anfield tersesbut membuat Liverpool kian kokoh di puncak. Tim asuhan Juergen Klopp kini meraih 40 poin, unggul 11 pon dari Manchester City di urutan kedua.

Sedangkan bagi Brighton, kekalahan membuat mereka tertahan di posisi 13. The Seagulls tetap meraih 15 poin, unggul lima poin dari Norwich City di zona degradasi.

Liverpool yang mendapatkan dukungan penuh suporternya langsung tancap gas. Namun sejumlah peluang The Reds belum ada yang mampu berbuah gol di 15 menit awal laga.

The Reds baru memecah kebuntuan saat memasuki menit ke-18 lewat gol Virgil Van Dijk. Berawal dari situasi bola mati, tendangan bebas Trent Alexander-Arnold diteruskan tandukan bek The Reds ke gawang Brighton.

Liverpool mendapatkan peluang emas beruntun lewat sepakan Roberto Firmino dan Sadio Mane. Namun kedua peluang menit 20 dan 21 itu belum mampu menambah keunggulan Liverpool.

The Reds yang terus menekan akhirnya mendapatkan gol keduanya di menit ke-24. Kembali, Van Dijk mencatatkan namanya di papan skor usai tandukannya memanfaatkan sepak pojok mulus bersarang ke gawang Matthew Ryan.

The Reds yang terus menggempur pertahanan Brighton kembali mendapatkan peluang. Van Dijk nyaris mencetak hattrick menit 68, namun upayanya masih digagalkan pertahanan lawan.

Brighton baru bereaksi di babak kedua, Lewis Dunk melepaskan sundulan di menit 54. Namun upayanya tersebut belum mampu membobol gawang Liverpool.

Petaka tuan rumah terjadi di menit ke-76 saat sepakan Leandro Trossard diblok dengan tangan oleh Alisson di luar kotak penalti. Wasit langsung mengganjar kartu merah kiper Liverpool itu.


Alex Oxlade-Chamberlain pun ditarik keluar untuk digantikan Adrian Castillo. Namun kiper pengganti tersebut pun langsung melakukan kesalahan yang berbuah gol di menit 79.

Alih-alih mengatur pagar betis di titik pelanggaran yang dilakukan Alisson. Adrian yang belum siap di posisinya dimanfaatkan Dunk melepaskan tendangan bebas mendatar ke tiang jauh.

Adrian kembali nyaris membuyarkan kemenangan Liverpool di depan mata saat membuat blunder menit 89. Beruntung bola yang sempat terlepas dari tangkapannya hasil sundulan Pascal Gross kembali bisa diamankan.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol yang kembali tercipta. Liverpool sukses mengamankan kemenangan 2-1 dari Brighton untuk memperlebar jarak dengan City.

Susunan pemain:

Liverpool: Alisson, Van Dijk, Lovren, Robertson, Arnolrd, Henderson, Wijnaldum, Chamberlain (Adrian ’78), Mane, Salah (Lallana ’69), Firmino (Origi ’76).

Brighton: Ryan, Webster, Burn, Dunk, Montoya (Alzate ’69), Stephens, Gross, Propper, Mooy, Bissouma (Trossard ’69), Connolly (Maupay ’76). (Red/MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here