TARAKAN, mediakaltara.com – Mengecek kesiapan angkutan Natal dan tahun baru 2020 (Nataru), anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara turun kelapangan melihat sarana dan prasarana angkutan laut yang ada di Tarakan, Kamis (28/11/2019).

Usai kunjungan, Ketua Komisi III DPRD Kaltara, Najamuddin menjelaskan, pihaknya menuntut tegas KSOP untuk tidak mengeluarkan izin penerbitan surat persetujuan berlayar (SPB) bagi speed boat Reguler yang dinilai tak laik operasi.

“Kami lihati baru 70 persen speedboat yang sudah layak, namun kita masih mencocokan lagi dengan data real KSOP. Kami tadi juga sampaikan, agar KSOP terus menekankan soal keselamatan penumpang. Jangan sampai terulang lagi kecelakaan seperti tahun sebelumnya,” ingin, Ketua Komisi III DPRD Kaltara ini.

Kata Najamuddin, KSOP juga harus mempermudah pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

“Tarakan ini merupakan pintu gerbang pelabuhan di Kaltara. Mempermudah pelayanan juga sangat berguna bagi masyarakat. Seperti Jangan dipersulit kepengurusan SPB untuk kapal yang memang sudah memenuhi prosedur,” terangnya.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas III Tarakan, Agus Sularto menuturkan, hingga kini pihaknya masih menjalankan uji petik. Guna melihat segi keselamatan dan kelayakan armada angkutan penumpang laut.

“Kalau kapal sudah layak pasti kami proses secepat mungkin. Kita terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” singkatnya. (m86/rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here