TARAKAN, mediakaltara.com – Mendapat restu dari Dewan Pimpinan Nasional Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (DPN KKM Bone), untuk segera melakukan pergantian Ketua dan pengurus. menanggapi intruksi itu, Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) KKM Bone Kalimantan Utara akan segera melakukan Musyawarah atau Tudang Sipulung yang direncanakan pada hari Minggu (5/6/2022) mendatang.

Selama persiapan ini pun bursa calon ketua juga mulai mencuat dan menjadi perbincangan di internal KKM Bone Kaltara. Adapun nama-nama yang muncul yakni Yusuf Middu, Amir Hamzah, Agustan, Andi Hamzah dan Andi Akbar.

Plt Ketua DPP KKM Bone Kaltara, Haji Yusuf Middu mengatakan, keberadaan Kepengurusan KKM Bone Provinsi Kaltara yang dulunya diketuai Almarhum Haji Muhammad Yunus Abbas. Pasca meninggalnya beliau, pengurusnya yang masih ada, tentu berinisiatif mengajukan ke DPN KKM Bone dalam rangka mengisi kekosongan keberadaan Ketua di DPP KKM Bone Kaltara.

“Dari surat DPN KKM Bone Pusat, Saya dan pak Amir Hamzah di tunjuk sebagai Plt Ketua dan Sekertaris. Didalam surat itu di beri waktu hingga bulan Agustus 2022 ini untuk membentuk kepengurusan definitif KKM Bone Kaltara dalam rangka kesinambungan keberadaan KKM Bone di Kaltara. Sehingga dalam waktu dekat ini kami akan menggelar Tudang Sipulung, yakni musyawarah mendengar masukan dan pemikiran dari pengurus KKM Bone se-Kaltara termasuk penasehat dan tokoh-tokoh masyarakat Kabupaten Bone yang bermukim di Kaltara,” ujarnya, Jumat (3/6/2022).

Diterangkan dia, seandainya dalam Tudang Sipulung nanti menginginkan pemilihan ketua, tidak ada salahnya. Sebab ini bentuk kesatuan dan persatuan dalam Tudang Sipulung.

“Tentunya harapan kita bagaimana keberadaan DPP KKM Bone Kaltara memberikan kontribusi dalam proses pembangunan di Kaltara. Ini hal yang mendasar bagi kita, dimana bumi dipijak disitu langit di junjung. Itulah salah satu filosofi kami di rantau untuk berkontribusi apa saja dalam pembangunan di Kaltara,” terang Anggota DPRD Tarakan ini.

Sementara itu, Plt Sekertaris DPP KKM Bone Kaltara Amir Hamzah menyebutkan, terkait persiapan Tudang Sipulung ini, dalam prosesnya ada tahapan dilakukan. Pertama melakukan kordinasi dengan Dewan Pimipian Kabupaten/Kota (DPK) KKM Bone di lima kabupaten/Kota beserta unsur Ikatan Wanita Kerukunan Bone (IWK Bone) dan Ikatan Pemuda Bone (IP Bone) di Kaltara.”Kita sepakat Tudang Sipulung akan di gelar pada hari Minggu (5/6/2022) mendatang di Hotel My City pukul 08.30 Wita. Tentu dalam pelaksanaan ada garis besar yang mau diangkat. Sehingga kami kemas dalam bentuk Tema yakni Tudang Sipulung budaya Sipatau Sipakainge membangun peradaban Kaltara yang maju dan sejahtera,” urainya.

“Kenapa kami kemas seperti itu?, ini harus bersinergi dengan program pemerintah. Bukan berarti kami afiliasi dari pemerintah. Tapi setiap gerakan masyarakat di Kaltara tentu harus bersinergi, jadi target kita maju dan sejahtera bersama-sama membangun Kaltara ini,” Tambah Amir Hamzah.

Dalam kegiatan Tudang Sipulung ini pihaknya sangat menghindari gesekan-gesekan. Ia berharap, Semoga diskusi nanti, akan terjadi kesepakatan aklamasi dan mengusung satu ketua yang di calonkan.

“Tapi biar mekanisme organisasi bermain sesuai AD/ART. Nanti DPK dari lima Kabupaten/Kota besok datang, kita undang para Ketua, Sekertaris dan Bendahara (KSB). Semua kita fasilitasi mulai dari transportasi dan akomodasinya,” kata dia

Besar harapannya, siapapun ketua terpilih dia bisa membawa KKM Bone maju dan sejahtera. Kemudian bagaimana berkolaborasi dengan organisasi Paguyuban lain di Kaltara.

“Jadi Setelah Tudang Sipulung KKM Bone, Ikatan Wanita Kerukunan Bone juga akan memilih calon ketua. Nanti Barengannya itu pada saat pelantikan, yang insyaallah dari komunikasi kita dengan Sekejen DPN KKM Bone, akan kita hadirkan Bupati Bone dan Gubernur Sulawesi Selatan saat pelantikan,” tutupnya. (Mk90)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini