TARAKAN, mediakaltara.com – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 di Tarakan, meski pelaksanaanya di bulan September hingga Oktober mendatang, Kodim 0907/Tarakan tetap mempersiapkannya dari sekarang.

Pada TMMD ini, Kodim 0907/Trk berencana membuka akses jalan di salah satu desa wilayah mamburungan, kecamatan Tarakan Timur.

Saat dikonfirmasi, Komandan Kodim 0907/Trk, Letkol Infateri Eko Antoni Chandra mengaku, pada prinsipnya apa yang ingin di wujudkan pemkot Tarakan akan di suport dalam TMMD ini.

“Masalah sasaran masih kita bicarakan dengan walikota dan DPUTR Tarakan. Soal apa yang dikerjakan, intinya kami akan membuka akses jalan yang tertutup. Rencana awal di mamburungan, kalau tidak ada perubahan,” ujarnya belum lama ini.

Lanjut Dandim, estimasi panjang akses jalan yang dibuka yaitu lebih 1,4 kilometer.”Di sekitar itu ada satu kampung kalau kemana-mana harus lewat speedboat maupun melewati mako Lantamal XIII Tarakan. Karena Lantamal area militer, daerah itu merupakan restrict area atau area yang harus steril dari kegiatan masyarakat,” jelasnya.

Lanjut Eko, dalam giat fisik membuka jalan ini akan melibatkan person dari Batalyon Raider 613 Raja Alam, jumlahnya sesuai instruksi dari kodam dan korem.

“Kalau sasaran non fisik, kami akan libatkan semua bagian elemen masyarakat maupun OKP, guna memberikan wawasan kepada masyarakat seperti pola hidup sehat dan bersih, hingga pola hidup yang taat dengan aturan dengan hukum. Tarakan kena TMMD ke 109, jadi ada waktu-waktunya. Persiapan hingga saat ini sudah 40 persen, bulan april 50 persen, di bulan juni dan juli, kita sudah bisa mulai untuk perencanaan sasaran TMMD,” demikian Eko Antoni. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here