Jakarta: Sebagian mobil keluaran teranyar biasanya sudah dilengkapi dengan peredam kap mesin yang disebut hood insulator. Meski terlihat sepele, perangkat yang dipasang pada bagian dalam kap mesin itu punya peran vital sebagai fitur kenyamanan berkendara.

Peredam kap mesin berfungsi menyerap atau meredam suara mesin ke luar atau ke dalam kabin. Truck Trend

Menurut Fahmi, pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor yang praktek di wilayah Bekasi Timur, fungsi utama peredam kap mesin adalah untuk menyerap atau meredam suara mesin ke luar atau ke dalam kabin.

“Ketika membuka kap mesin, Anda dapat melihat hood insulator yang terpasang menutupi bagian dalam kap mesin. Bahan peredam ada yang terbuat dari alumunium atau glass wool,” kata Fahmi, saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Ini Peran Penting Peredam Kap Mesin MobilSelain itu, fungsi lain dari hood insulator sebagai proteksi terhadap cat kap mobil dari panas yang dihasilkan mesin, dan mencegah kebakaran saat mesin mengalami permasalahan cukup parah.

Fahmi melanjutkan, bahan alumunium dengan glass wool berbeda fungsi. Kebanyakan, mobil keluaran terbaru menggunakan kombinasi kedua bahan itu.

“Kalau bahan alumunium bagus untuk hanya menahan panas, sedangkan glass wool untuk mereduksi suara.”

Bagi pemilik yang mobilnya belum terpasang hood insulator jangan khawatir, karena perangkat ini banyak tersedia di pasaran dan dapat ditemukan di toko aksesoris mobil. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau, tergantung dari model dan jenis mobil akan dipasang. (medcom.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here