TARAKAN, mediakaltara.com – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kota Tarakan ke 22 tahun, dengan mengusung tema besar “Terwujudnya Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city”. Diharapkan membawa pengaruh baik terhadap pengembangan kota Tarakan agar menjadi kota yang maju di Provinsi termuda ini.

Walikota Tarakan, dr. Khairul M.Kes mengatakan, 22 tahun telah di lewati dengan berbagai pembangunan di segala bidang. Pihaknya berterimakasih kepada seluruh pihak yang turut membangun kota tarakan. Semoga Segala sumbangsih yang diberikan kepada kota ini, akan menjadi manfaat dan ibadah.

“Kami mengajak semua, untuk merefleksikan diri atas partisipasi dan dukungan yang diberikan demi kemajuan kota yang kita cintai ini. Dengan bertambahnya usia ,bertambah pula motivasi, semangat, dan kedewasaan kita dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan, serta pelayanan sebagai mana yang diharapkan,” ujar Walikota Tarakan, dalam upacara perayaan HUT Tarakan ke 22 tahun, di Stadion datu adil, Minggu (15/12/2019).

Ia mengungkapkan, Peringatan ke 22 tahun kota tarakan mengambil tema yang senada dengan visi kota Tarakan 2019-2024. Hal ini didasari semangat semakin menguatkan komitmen dalam membangun Tarakan dengan pendekatan smart city.“Ditengah-tengah keterbatasan sumberdaya dan pembangunan fiskal yang kita miliki, cita-cita bersama mewujudkan Tarakan semakin maju dan sejahtera telah berjalan sesuai harapan,” ungkapnya.

Pengembangan Bidang Kesehatan

Khairul menjelaskan, masyarakat kembali mendapatkan layanan puskesmas 24 jam, kemudian Rumah Sakit Umum (RSU) Tarakan di hake Babu sudah dapat dinikmati layanannya oleh masyarakat.“Selain itu, masyarakat juga dimudahkan dengan layanan one call one 112 untuk mengakses layanan ambulance, mobil jenazah, dan pemadam kebakaran secara gratis. Kita terus kembangkan sesuai kebutuhan masyarakat. Layanan 112 ini juga berfungsi selama 24 jam,” jelasnya.

Perhatian Dalam Bidang Pendidikan

Khairul menuturkan, pihaknya telah memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi, yang mendapat ranking satu, dua, dan tiga dari tingkat SD dan SMP saat kenaikan kelas lalu. Ia berjanji, akan terus melanjutkan program ini setiap tahunnya, dengan tambahan sekolah Madrasah, dan pondok pesantren di bawah kemneterian agama.

“Tahun depan juga kita akan menyiapakan beasiswa bagi anak berprestasi yang tidak mampu. Kita siapkan untuk 1000 anak yang diharapkan bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan sekolah, misalnya membeli baju seragam, buku, tas, sepatu, dan lain-lain. Kami juga terus berupaya memenuhi infrastruktur pendidikan, insha allah tahun ini ada sekolah baru yang kita bangun, karena kemarin ada anak kita di SMP tidak tertampung, karena sekolah negeri penuh habis.Kita juga berharap sekolah swasta untuk terus meningkatkan kualitasnya agar anak-anak bisa tertampung dengan baik. Komitmen kita Anak-anak di Tarakan harus semua sekolah,” tegasnya.

Meningkatkan Perekonomian

Meningkatkan geliat perekonomian kota Tarakan, Kata Kahirul, antara lain menjadikan kota Tarakan sebagai kota yang ramah terhadap investasi, dengan mempermudah perizinan.”Harapan kita dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan pendapatan masyarakat, serta megurangi kesenjangan antara yang miskin dan kaya,” pungkasnya.

Air Bersih Bagi Masyarakat dan Pemberdyaan RT

Kahirlu juga membeberkan, Dalam ketersediaan air bersih Pemkot meberikan layanan pemasangan gratis sambungan PDAM. Ia mengaku, masih ada 15.000 rumah yang belum memiliki PDAM. Sehingga setiap tahun pihaknya menargetkan 3000 sampai 4000 pemasangan sambungan gratis.

“kita harap hingga tahun ke empat pemerintahan ini, program tersebut dapat terselesaikan. Paling tidak  95 persen masyarakat dapat merasakan air bersih,” harapnya.

Kemudian pemerbdayaan Tukun Tetangga (RT), walikota membeberkan, tahun depan setiap RT akan di berikan alokasi dana minimal 50 juta rupiah untuk melakukan pembangunan skala kecil.”Seperti semenisasi, pembagunan drainase, dan penerangan jalan. Kita inginkan kota ini juga menyerap tenaga kerja yang banyak,” ucapnya.

Penerapan Smart City

Lanjut Khairul, Pemerintah kota sekarang memiliki layanan elektronik berbasis aplikasi qlue, yang berfungsi apabila ada masyarakat ingin melapor dan mengadukan keluhan ke pemerintah seperti PDAM yang macet, sampah, jalan rusak, atau pelayanan yang tidak memadahi. Dapat mendownload aplikasi qlue.

“Aplikasi ini tersambung ke seluruh SKPD kita sehingga bisa ditangani secara langsung, dan di pantau langsung walikota dan Wakil Walikota. Kalau masyarakat menuliskan di media sosial, kami belum tentu baca,” katanya.

Kemudian Tahun depan Pemkot juga akan menerapkan parkir berbasis elektronik atau e-parking, dengan sistem parkir berlangganan. Oleh karena itu seluruh masyarakat untuk melakukan parkir berlangganan ini, karena memudahkan.” Parkir berlangganan ini untuk sepeda motor Rp. 100 ribu satu tahun, sementara mobil Rp. 200 ribu satu tahunnya. Bebas parkir dimana saja yang di bawah kewenangan pemerintah kota. Selain Parkir kita akan menerapkan elektronik PBB, sehingga masing-masing wajib pajak dapat langsung mengetahui pajak yang harus dilaporkan,” tuntasnya. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here