TARAKAN, mediakaltara.com – Peduli terhadap kebersihan perairan, Sejumlah Instansi Tarakan di bawah naungan Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan laut menggelar aksi bersih-bersih laut dan pantai, kamis (12/9/2019).

Usai kegiatan, Kepala Seksi Keselamatan berlayar, penjagaan, dan patroli KSOP kelas III Tarakan, Syaharuddin mengungkapkan, kegiatan ini merupakan intruksi langsung Dirjen Perhubungan Laut, yang serentak dilaksanakan diseluruh pelabuhan di Indonesia.

“Bersih-bersih laut, dan pantai ini untuk memacu masyarakat agar tidak membuang sampah di laut lagi. Sebagai percontohannya kita turun melakukan bersih-bersih sebagai bentuk peduli lingkungan maritim yang harus kita jaga, dan lestarikan,’’ ungkapnya, kepada mediakaltara.com.

BANYAK Sampah Plastik Terjaring saat aksi bersih laut dan pantai di Tarakan

Syaharuddin membeberkan, sampah dari bersih-bersih laut dan pantai di kumpulkan lalu di timbang yang beratnya hampir mencapai satu ton. Sampah itu terdiri dari botol dan bungkusan plastik, popok bayi, kayu, hingga sampah buah-buahan.

“Kita kerahkan armada 4 kapal KSOP, 3 kapal Distrik Navigasi, 1 kapal Basarnas, 1 kapal Pelindo, dan 5 kapal nelayan.  Kita harap dengan kegiatan ini dapat memicu masyarakat untuk sadar dampak kerusakan ekosistem dan pencemaran, jika membuang sampah di laut dan pantai. Tidak hanya kegiatan ini, kita nanti akan coba langsung turun ke masyarakat mengimbau menggunakan sejumlah media,” ucapnya.

KAPAL nelayan juga ikut turut serta sukseskan bersih-bersih laut dan pantai

Diketahui, Aksi bersih pantai dan laut Tarakan, melibatkan seluruh stakeholder terkait dilingkungan pelabuhan, yakni KSOP, Distrik Navigasi, Pelindo, Basarnas, Dishub, Polairud, TNI AL, KKP, Kantor Kesehatan Pelabuhan, TKBM, dan masyarakat nelayan. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here