JAKARTA, mediakaltara.com – Tayangan program TV kurang ramah anak masih mendominasi layar kaca Tanah Air dan baru sedikit TV yang memiliki fokus untuk memberikan tayangan hiburan sekaligus edukasi.

Dari pengamatan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), stasiun TV yang kini beroperasi dengan sistem analog masih belum menjadikan konten ramah anak sebagai salah satu prioritas tayangannya. Namun dengan siaran TV digital, terdapat fitur Electronic Program Guide (EPG).

“Melalui fitur EPG ini membuka peluang masyarakat mendapatkan konten dari lembaga penyiaran yang lebih baik. Mari, Kita sama-sama mendorong agar lebih banyak konten ramah anak dan tentunya menjadi keuntungan bagi anak di Indonesia,” kaya Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Agung Suprio.

Menurutnya, program ASO yang tengah berlangsung di Indonesia merupakan momentum yang menguntungkan bagi anak-anak karena akan lebih banyak kanal untuk konten ramah anak diproduksi.

“Tayangan yang kurang ramah anak masih mendominasi layar kaca Tanah Air dan baru sedikit TV yang memiliki fokus untuk memberikan tayangan hiburan sekaligus edukasi,”terang dia.

Olehnya itu, KPI mendorong agar setelah ASO terealisasi maka semakin banyak pengelola stasiun TV untuk bisa memperbanyak konten berkualitas dan mengikuti standar ramah anak.

Agung menyebutkan dalam data KPI setidaknya sudah ada stasiun TV yang akan muncul setelah ASO dan memfokuskan programnya khusus untuk anak-anak.

“Nanti Mentari TV ini akan berfokus mengambil tayangan dengan format khusus anak, jadi konten-konten mereka dikhususkan untuk anak. Dari pagi sampai pagi tayangan dan konten mereka bisa ditonton oleh anak-anak,” jelasnya. Program ASO adalah bagian dari program pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur penyiaran.

Sementara itu, anggota Kelompok Kerja (Pokja) Komunikasi Publik Gugus Tugas Migrasi TV Digital, Apni Jaya Putra mengatakan, selama anak menonton, fitur parental lock menjadi Fasilitas pengunci siaran ini bertambah ampuh saat dipakai bersamaan dengan Electronic Program Guide (EPG). EPG adalah fasilitas dalam siaran TV digital untuk melihat sinopsis, dan kategori usia yang disarankan apakah itu anak, remaja, dewasa.

“Artinya dengan EPG menjadi jendela untuk melihat tayangan apa saja yang akan tersaji di televisi. Bilamana tidak sesuai dapat langsung dikunci,” jelasnya.

Diketahui, TV Digital lebih efisien dalam pemanfaatan spektrum frekuensi. Kedua, dari segi operasional, pos penyelenggara digital bisa bekerjasama dengan penyelenggara multiplexing melalui skema sewa slot siaran TV digital.

Ketiga, dari sisi kualitas audio dan video, TV digital jauh lebih baik dibandingkan dengan TV analog. Keempat, pemirsa TV digital bisa menikmati kualitas standar gambar yang jernih (High Definition/HD), audio bisa sampai Dolby Stereo, sehingga lebih nyaman untuk dinikmati.

Kelima TV digital juga memiliki fitur canggih seperti sinopsis siaran program, siaran bisa dilihat oleh pemirsa secara harian dan mingguan serta dilengkapi dengan fitur E.arly Warning System untuk peringatan dini apabila terjadi bencana alam.

Terakhir, anda tidak perlu membeli pesawat TV baru atau berlangganan internet untuk memperoleh siaran TV digital. Anda cukup membeli alat yang bernama set top box untuk menerima siaran TV digital terrestrial. (Mk90)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini