TARAKAN, mediakaltara.com – Mendapat informasi adanya aktivitas pengiriman narkotika jenis sabu dari Nunukan menuju Tarakan melalui jalur laut, berhasil digagalkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara, Bersama Beacukai Tarakan. Dari pengungkapan itu diamankan tujuh orang masing-masing berinisial DU (38), DB (29), AR (48), IR (26), AS (27), AM (49) dan AD (48), dengan Barang bukti seberat 1 Kilogram lebih.

Saat dikonfirmasi, Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol Herry Dahana mengungkapkan, sabu-sabu itu dikirim melalui Sungai Fatimah Kabupaten Nunukan menggunakan Speedboat mesin 200 PK.

“Seputaran perairan pulau Sadau kapal patroli gabungan ini berpapasan dengan speedboat tersebut. Kemudian di buntuti dari belakang. Tepat di sungai Kelurahan Mamburungan Kecamatan Tarakan Timur, speedboat itu sandar di rumah pelaku berinisial IR, selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap para pelaku ini,” ungkapnya, Rabu (18/3/2020).

Herry menjelaskan, dari penangkapan itu satu pelaku sempat berusaha melarikan diri, yakni AS. Namun berhasil dikejar dan diamankan petugas, di rumahnya bilangan Kelurahan Selumit Pantai.

“Saat diminta menunjukan barang bukti, pelaku langsung mengarahkan ke TKP awal penangkapan.  Kami dapati barang buktinya di kolong salah satu rumah penduduk yang masih tersimpan dalam tas warna biru dibalut kantong plastik merah,” jelas Jendral Bintang satu ini.

Ia membeberkan, dari tujuh pelaku yang diamankan, aktor utamanya adala DU, sementara DB, AR, IR, dan AS hanya di ajak. Empat pelaku juga mengakui barang itu di ambil atas suruhan salah satu Narapidana di Lapas Kelas II A Tarakan.”Dua pelaku lain yaitu AM dan AD ini bertugas sebagai motoris dan penyalur jasa speedboat. Jadi Selain sabu seberat 1 kg, barang bukti lain yang kita amankan berupa 1 unit speedboat, 5 unit HP, uang senilai Rp 3 juta, 1 unit motor dan 1 buah tas. Pelaku terancam pasal 114 ayat 2 junto pasal 132 ayat 1 subsidair pasal 112 ayat 2 junto pasal 132 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dngan ancaman seumur hidup,” demikian Herry. (rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here