NUNUKAN, mediakaltara.com – Kalimantan Utara khususnya Kabupaten Nunukan memiliki banyak potensi, diantaranya dari segi pertanian dan perikanan. Dengan adanya keragaman potensi yang dimiliki, Dinas Pertanian Kabupaten Nunukan menggelar acara pameran gerakan diversifikasi pangan lokal dengan tema “membudayakan konsumsi pangan lokal yang sehat, bergizi dan aman” yang berlangsung di Alun-alun Nunukan pada Sabtu pagi (24/8/2019).

Acara pameran tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Nunukan, Bupati Nunukan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kaltara, Kepala LP RRI Nunukan, Ketua TP PKK, Ketua DWP dan Camat serta masyarakat Nunukan yang sempat hadir.

“Kami menggelar Pameran Gerakan Diversifikasi Pangan hari ini karena Nunukan kaya dengan potensi yang dikelola oleh masyarakat. Tujuan kami yaitu untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan Potensi lokal, Membudayakan makanan yang bergizi untuk masyarakat khususnya masyarakat Nunukan, merubah pola konsumsi dan mempromosikan,” pungkas Masniadi selaku Ketua Pelaksana.

lanjutnya, acara Pameran ini akan berlanjut hingga Kamis 29 Agustus mendatang yang bertempat di Kelurahan Mansapa.

Sementara itu, Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid mengungkapkan, potensi pengembangan pangan lokal di Kabupaten Nunukan dalam upaya penganekaragaman konsumsi pangan sangat bisa dilakukan,”Kami harap melalui kegiatan ini mampu mengangkat citra pangan lokal sebagai makanan yang dapat dikonsumsi pada semua lapisan masyarakat, serta mengembalikan kearifan lokal dalam budaya konsumsi pangan lokal. Seluruh peserta pameran agar memperkenalkan atau mempromosikan produk dari olahan pangan lokal yang beragam dan bergizi untuk dikonsumsi. Jadi, kita sebagai warga indonesia yang berada di Perbatasan tidak lagi mengkonsumsi produk import dikarenakan di wilayah kita juga sudah terealisasi mengolah produk lokal yang ada di Kabupaten Nunukan. saya tegaskan kembali, untuk para pelaku usaha tetap melihat kebersihan dan kemasan produk”. jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kaltara Andi Santiaji mengatakan, agar masyarakat bersama-sama mengubah pola hidup dengan mengurangi konsumsi nasi menggantikan dengan makanan lokal yang di miliki

“Daerah Nunukan ini banyak memiliki potensi, dari segi pertanian dan perikanan. Jangan lagi mengkonsumsi produk luar negeri, ciptakanlah diversifikasi pangan lokal”. tegas Andi Santiaji.

Acara Pameran diakhiri dengan Bupati Nunukan melakukan peninjauan gelar pameran dari stand ke stand peserta didampingi Kadis DPKP Provinsi Kaltara sambil mencicipi olahan produk lokal. (HM/rt20).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here