Jakarta: Chelsea berhasil meraih gelar juara Liga Europa 2018-2019 usai mengalahkan Arsenal, Jumat 30 Mei. The Blues membawa pulang trofi Liga Europa usai membantai Arsenal 4-1 pada final di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan.

Chelsea juara Liga Europa 2018-2019

Gol kemenangan Chelsea dicetak oleh Olivier Giroud menit 49, Pedro Rordiguez menit 60, serta Eden Hazard menit 65 dan 72. Sedangkan gol balasan Arsenal dicetak Alex Iwobi menit 69.

Melansir Opta, sederet data dan fakta menarik pun tersaji dari pertandingan tersebut. Mulai dari rekor sempurna Chelsea di Liga Europa musim ini, hingga catatan pribadi bintang mereka Eden Hazard.

Berikut data dan fakta usai Chelsea juara Liga Europa:

– Chelsea menjadi tim pertama yang memenangi gelar Eropa tanpa menelan kekalahan sekali pun sepanjang turnamen. The Blues mencatatkan 12 kemenangan dan tiga kali imbang sepanjang Liga Europa 2018-2019.

– Chelsea menjadi tim pertama di final Liga Europa yang tidak memainkan pemain lokal asal Inggris. Hal itu pun sempat terjadi di final Liga Champions 2010, di mana tak satu pun pemain Italia memperkuat Inter Milan saat menghadapi Bayern Muenchen.

– Maurizio Sarri menjadi pelatih Chelsea dengan jumlah kemenangan terbanyak kedua di musim pertamanya. Sarri mengemas 39 kemenangan di musim pertamanya dengan Chelsea, sedangkan Jose Mourinho di urutan pertama dengan 42 kemenangan pada musim 2004-2005.

– Eden Hazard menyamai rekor legenda Manchester United, Mark Hughes, mencetak dua gol di final kompetisi elite Eropa. Hughes mencetak brace saat MU menghadapi Barcelona di final Piala Winners 1991 silam.

– Eden Hazard telah mencetak 21 gol bagi Chelsea di semua kompetisi musim 2018-2019. Pencapaian terbaiknya setelah kembali dari penampilan buruk musim lalu.

– Olivier Giroud menjadi pemain yang mampu mencetak 11 gol untuk tim Inggris di kompetisi elite Eropa, mengulang prestasi serupa yang dibuat Alan Shearer bagi Newcastle United pada 2005.

– Pedro Rodriguez menjadi pemain kelima yang berhasil mencetak gol di final Liga Europa dan Liga Champions. Menyamai catatan Allan Simonsen, Hernan Crespo, Dmitri Alenichev dan Steven Gerrard.

– Arsenal mengulang catatan buruk kebobolan empat gol di final Liga Europa/Piala UEFA. Sebelumnya, Middlesbrough mengalami hal serupa dikalahkan Sevilla 0-4 pada final 2006 lalu.

– Petr Cech pemain pertama yang bermain untuk dua tim yang sama di final Liga Europa. Sebelumnya, Cech bermain bagi Chelsea pada 2013 di final melawan Arsenal.

– Alex Iwobi hanya butuh 133 detik bermain di lapangan untuk mencetak gol ke gawang Chelsea setelah menggantikan Lucas Torreira menit 67. (Red/MK/Medcom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here