Ilustrasi

Sariawan di mulut tentu membuat Anda merasa tidak nyaman, rasa sakit yang dirasakan akan sangat mengganggu. Rasa sakit yang dialami ketika sariawan bisa sangat mengganggu, terutama ketika sedang mengunyah makanan asam atau pedas.

Namun sariawan pada dasarnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu.

“Sariawan adalah kondisi yang agak misterius yang dikenal secara medis sebagai ulkus aphthous berulang. Luka biasanya muncul di dalam bibir atau pipi, di sekitar gusi, atau di lidah,” kata Craig Zunka, DDS, seorang dokter gigi di Front Royal, Virginia, seperti dilansir thehealthy.

Para ahli masih belum mengetahui apa yang menyebabkan sariawan, tetapi kerusakan pada sistem kekebalan tubuh kemungkinan berperan besar. Luka berulang juga dapat disebabkan oleh makan makanan tertentu jika Anda memiliki kepekaan. Seperti cokelat, stroberi, telur, keju dan makanan pedas atau asam. Pasta gigi yang mengandung sodium laurel sulfate juga dapat menyebabkan sariawan pada beberapa orang.

Dan berikut adalah cara untuk mengatasi rasa sakit mengganggu saat sariawan:

1. Tutupi bagian yang sakit

Beberapa produk untuk meredakan sariawan yang dijual bebas dapat mempercepat penyembuhan dan memberikan penghilang rasa sakit yang cepat, menurut Mayo Clinic. Getah leidah buaya juga bisa menjadi pertolongan pertama yang bisa membantu Anda mengatasi sariawan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Dental Research Journal.

2. Menggunakan magnesium oksida

Campurkan magnesium oksida dengan air dan jadikanlah sebagai obat kumur, atau oleskan pada sariawan tiga hingga empat kali sehari untuk membantu penyembuhan, menurut Mayo Clinic.

3. Berkumur dengan air garam

Melarutkan garam atau baking soda ke dalam air dan berkumur dengan menggunakan campuran tersebut juga bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk membantu penyembuhan sariawan yang Anda alami.

4. Mengonsumsi nutrisi tambahan

Kekurangan nutrisi dapat berperan dalam menyebabkan sariawan. Pertimbangkan untuk mengonsumsi folat (asam folat), vitamin B-6, vitamin B-12 atau lisin untuk membantu mengurangi timbulnya sariawan dan mempercepat penyembuhan. Seng atau zinc juga dapat membantu cedera mulut seperti sariawan sembuh lebih cepat, menurut sebuah penelitian di jurnal Pharmanest.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here