TARAKAN, Mediakaltara.com – Sebanyak 69 peserta IPSS Race Boat Cup I regional Kalimantan akan unjuk keahliannya di perairan depan dermaga Dit Polairud Polda Kaltara, Rabu (13/10/2021) besok.

Ketua Badan Pengurus Wilayah Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (BPW IPSS) Kaltara, Hasbudi S.Sos mengatakan, alasan IPSS mengadakan lomba balapan speed (Race Boat) ini, karena sudah hampir dua tahun tidak pernah dilaksanakan, padahal peminat olahraga ini sangat banyak.

“Sehingga di moment HUT ke-9 Kaltara ini kita bersama Pemprov mengusulkan kegiatan Race Boat. Melihat Indonesia wilayah lautnya sangat luas. Disamping itu jumlah Speed boat di Kaltara sangat banyak, yakni sekitar 5 ribuan. Kemudian 65 persen penduduk Kaltara bekerja sebagai nelayan. Menjadi alasan untuk menyatukannya pada momentum ini,” ungkapnya, Selasa (12/10/2021).

Peserta yang telah mendaftar, dijelaskan Hasbudi, sebanyak 69 orang termasuk dari luar Kaltara yakni Kaltim dan Kalsel.”Perlombaan ini kita laksanakan memang untuk regional kalimantan. Jadi sekali match sebanyak 8 atau 9 speed yang berlomba. Sehingga kita upayakan sore harinya sudah Final sekaligus pembagian hadiah,” urai ketua IPSS Kaltara.

Ia menyebutkan, lomba Race Boat ini sering dilaksanakan juga di daerah lain. Sehingga memungkinkan bisa menjaring atlet, karena perlombaan ini juga termasuk dalam olahraga rekreasi masyarakat.

“Untuk total hadiah kita siapkan sebesar Rp150 Juta. Selain hadiah buat pemenang, kita siapkan juga dorprize untuk penonton yang mengikuti konvoi kapal saat pembukaan,” terangnya.

Hasbudi berharap, bertambahnya usia Provinsi Kaltara, sebagai pemuda akan turut membantu membangun Kaltara sebagai rumah kita.”Dimana pun kami berada akan tetap saling menghormati satu sama lain, dengan demikian yakin semua akan terhindar dari permasalahan SARA. Kami mengajak saudara-saudara semuanya mari kita sama-sama membagun kaltara sebagai rumah kita,” ucap dia. (Mk90)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here