TARAKAN, mediakaltara.com – Diminta tolong penumpang membelikan tiket kapal pelni, seorang buruh berinisial KK malah membawa lari uang tiket tersebut. Sehingga empat orang penumpang hampir gagal berangkat. Merasa ditipu, Korban langsung melaporkan kasus ini ke Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP).

Kapolsek KSKP, AKP Danang Yudanto mengatakan,  Korban mengaku menyerahkan uang kepada Kiko alias KK dirumahnya, kelurahan Sebengkok RT 33 Bulan Desember lalu. Korban terpaksa meminta bantuan Kiko untuk membelikan tiket, karena saat ia mendatangi kantor Pelni, tiket tujuan Pare-pare sudah habis.

“Pelaku kami amankan 3 Januari lalu. Tiket dijanjikan Kiko akan diserahkan di Pelabuhan Malundung, saat kapal tiba. Namun, ternyata Kiko menghilang dan tidak bisa dihubungi. Atas kejadian itu orban merasa dirugikan senilai Rp2.600.000. Saat Kiko diamankan, polisi berhasil menyita 2 buah baju kaos dan uang sisa milik korban yang masih disimpannya Rp1.300.000,” terang Kapolsek KSKP, belum lama ini.

Kapolsek membeberkan, kejadian seperti ini sering terjadi di Pelabuhan Malundung dengan modus serupa, yang bertujuan untuk mengambil keuntungan.“Pelaku ini sering bekerja di pelabuhan, jadi dia mengenal ada beberapa orang yang bisa mencarikan tiket. Dalam ini hanya satu korban saja. Namun, tidak menutup kemungkinan ada pelapor lain yang mungkin saja merupakan korban pelaku,” bebernya.

Sebelum kasus Kiko ini, Kapolsek mengaku ada menerima laporan penipuan dari oknum calo dengan modus serupa. Namun, karena kerugian minimal dan korban mengikhlaskan setelah kerugian diganti oleh pelaku, laporannya diselesaikan secara kekeluargaan.

“Kita mengikuti Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 tahun 2012, tentang pembatasan kerugian mana yang masuk Tipiring (Tindak pidana ringan) dan mana yang masuk pidana Rp 2,5 juta batasannya. Tidak menutup kemungkinan setelah ini kami tindak tegas untuk pelaku calo yang melakukan penipuan dan penggelapan di area Pelabuhan Malundung,” tegasnya. (mk86/rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here