TARAKAN, mediakaltara.com – Ingin miliki motor keren, seorang berinisial KD (31) mencuri motor Yamaha R15 milik kenalannya. Sebelum kejadian pencurian ini, KD sempat meminjam motor itu cukup lama lalu dikembalikan kepada korban, karena akan dijual.

Kasat Reskrim Polres Tarakan, IPTU Muhammad Aldi melalui Kanit Reskrim Umum (Resum), IPDA Muhammad Farhan mengatakan, KD melancarkan aksinya pada Jumat, 29 Juli lalu sekitar pukul 23.00 di salah satu kos kosan Jalan Mulawarman Gang Tambak.

“KD merupakan pengangguran yang beralamat di Belakang BRI RT 26 Kelurahan Selumit Pantai. KD dengan korban sudah saling mengenal di daerah Kabupaten Tana Tidung (KTT). Dimana KD merupakan rekan kerja dari suami korban. Jadi, Korban ini pindah ke Tarakan karena suaminya sedang menjalani masa tahanan di Polres Bulungan,”ujarnya, Senin (19/9/2022).

Lanjut Farhan, Selama di Tarakan korban di urus oleh pelaku, hingga pelaku menyediakan tempat tinggal atau kos kosan di Jalan Mulawarman Gang Tambak.

“Tapi kendaraan milik korban yakni Yamaha R15 nomor Polisi KU 6853 AB. Dipinjamkan ke KD, sampai pada akhirnya korban meminta motor dikembalikan dengan alasan mau menjual motornya itu. Disitu KD bilang tidak usah dijual, biar aku saja yang pakai. Tetap dari korban ngotot untuk menjual karena uangnya akan dipakai memenuhi kebutuhan sehari-hari,” terangnya.

Farhan menuturkan, hari Jumat, 29 Juli lalu pelaku kembali ke kos korban untuk mengembalikan motor beserta kuncinya. Namun, Setelah korban istirahat kemudian bangun di pagi hari. Motor itu sudah tidak berada di tempat parkir.

“Saat pelapor menghubungi KD pun tidak bisa karena diblokir. Awalnya kami berpikir, motor itu tidak dicuri melainkan dipinjam. Tapi berdasarkan penyelidikan yang dilakukan Jatanras, ternyata KD memang ada niatan mencuri. Karena melepas plat nomor dan motor dibawa ke bengkel untuk dimodifikasi agar menyamarkan rupa motornya,” sebut Kanit Resum.

Untuk modus pelaku yakni setelah mengembalikan motor saat itu, dia kembali lagi ketika korban istirahat. Pelaku masuk ambil kuncinya kemudian dorong motor, lalu dibawa kabur.

“KD telah kita amankan beserta barang bukti dan dijerat Pasal 362 KUHPidana dengan ancaman 4 tahun penjara. Motor itu kami temukan di Belakang BRI di kediaman KD, dengan kondisi platnya sudah dilepas terus bodynya juga dipasangi stiker,” pungkas Farhan. (Mk90)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini