TARAKAN, mediakaltara.com – Beralihnya siaran TV analog ke TV digital dinilai terdapat peluang baik bagi generasi milenial. Hal itu di ungkapkan Wakil ketua MPR RI, Prof. DR. Siarifuddin Hasan MM. MBA saat menjadi narasumber dalam diskusi publik virtual, Senin (13/6/2022).

Siarifuddin Hasan dalam diskusi tersebut membawakan materi terkait “Migrasi TV Digital dan perekonomian Indonesia : Membangun Optimisme pasca pandemi”. Ia menilai, program yang diluncurkan ini sangat tepat dan bermanfaat, termasuk bagi generasi milenial.

“Pemerintah terus berusaha membangun infrastruktur yang baik untuk masyarakat. Jika infrastuktur sudah tersedia, sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan oleh masyarajat termasuk generasi milenial,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, dengan migrasi TV digital itu ada dua hal yang perlu disikapi. Pertama, dengan adanya infrastruktur di bangun pemerintah ini, generasi milenial harus mengambil kesempatan atau oportunity.

“Sebagai generasi milenial, ping utama harus memaksimalkan untuk menyelesaikan pendidikan, karena banyak kemudahan dari sitem digital ini. Yang saya sikapi Kedua, yakni selain menempuh pendidikan, generasi milenial dapat mengambil keuntungan menjadi pengusaha atau enterprenuer. Maka akan menciptakan lapangan kerja minimal bagi diri sendiri, lingkungan dan masyarakat. Ini yang menjadi substansi daripada manfaat infrastruktur yang ada,” ungkapnya.

Sebagai generasi muda, menurut Siarifuddin Hasan, harus tampil mengambil kesempatan ini. Termasuk kesempatan yang lain, menyangkut masalah ekonomi digital,”Begitu banyak keuntungan dari siaran digital yg di peroleh. Silahkan mengexplor apa pun yang bisa produktif, karena begitu banyak kemudahan yang diperoleh,” akunya.

Lanjut Siarifuddin Hasan, Jika ekonomi digital berkembang maka akan menyerap tenaga kerja secara tidak langsung. Hal ini termasuk berkontribusi pada negara. Besar harapnnya generasi muda Indonesia berperan aktif melakukan penetrasi terhadap teknologi yang ada.

“Kita harus berterimakasih kepada kementerian kominfo RI yang sudah berupaya dan berusah payah keras agar kemudahan ini dapat dinikmati seluruh rakyat Indonesia,” tutup dia.

Terpisah, salah satu Mahasiswa, Endah Agustina berharap ada program pembinaan enterpreneur bagi pemuda melalui siaran TV digital.”Jadi kalau bisa dalam siaran TV digital tidak hanya chanel TV swasta saja yang menyiarkan berita, film, gosip serta entertainment saja. Siaran langsung seperti pembinaan bagi kami generasi muda juga harus di tonjolkan. Jadi kami tau peluang usaha seperti apa yang bisa kami jalankan dan bagaimana menjalankannya,” tuntas dia. (Mk90)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini