TARAKAN, mediakaltara.com – Sebagai beranda terdepan NKRI, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan menjadi fokus Mabes TNI mempercepat peningkatan Sunber Daya Manusia (SDM), maupun sarana dan prasarana.

Berada di kondisi perekonomian yang masih terdampak pandemi Covid-19, pemenuhan peningkatan SDM, serta sarana dan prasarana Lantamal XIII, harus mempertimbangkan satuan yang paling membutuhkan.

“Memang Lantamal XIII Tarakan menjadi skala prioritas. Tapi dengan kondisi saat ini kita harus mengutamakan pengadaan sarana dan prasarana TNI yang paling dibutuhkan. Diharap Lantamal XIII Tarakan dengan dukungan peralatan ini, mampu melaksanakan seleksi logik, objektif, sistematik dan akuntable,” kata Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda TNI Diyah Yudanardi, Senin (9/11/2020).

Dalam kunjungannya ini Diyah Yudanardi juga mengapresiasi animo pendaftar prajurit TNI AL di Lantamal XIII Tarakan, yang Sebelumnya hanya 20 orang pendaftar, kini naik hingga sekitar 100 pendaftar.

“Jangan pasif menyeleksi orang-orang yang mendaftar. Tapi harus pro aktif mencari putra daerah yang berkualitas untuk mengabdi pada negara. Putra daerah di Kaltara, bisa bergabung menjadi prajurit TNI menjadi kebanggaan untuk Kaltara maupun TNI sendiri,” ucapnya.

Menurutnya, sosialisasi penerimaan prajurit TNI harus dilakukan seluruh jajaran Lantamal XIII Tarakan. Selanjutnya, dalam seleksi di tingkat pusat juga ia berharap banyak yang lulus agar bisa memenuhi kebutuhan personil TNI AL.

“Saya punya pengamanan dulu, melakukan pencarian ke tempat-tempat atau komunitas yang potensial untuk menjadi prajurit TNI. Karena, kalau kita hanya pasif menunggu siapa yang daftar kemudian di seleksi, dari pengalaman sebelumnya, kualitas kurang sehingga target yang diharapkan tidak tercapai,” urai dia.

Sementara itu, Komandan Lantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto mengungkapkan, pihaknya berkewajiban melaksanakan penerimaan calon prajurit TNI AL, disamping tugas pokok untuk dukungan tempur, operasi, logistik, administrasi dan dukungan khusus untuk unsur-unsur TNI.“Animo pendaftaraan tahun ini cukup tinggi, naiknua sampai tiga kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kami melihat, dengan adanya pemberian sarana dan prasarana, seleksi penerimaan prajurit TNI tahun ini, sangat terbantukan. Semoga dalam proses rekrutmen calon prajurit TNI AL nanti, kita mendapatkan prajurit yang sesuai apa yang kita harapkan,” pungkasnya. (Mk88/rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here