BULUNGAN, mediakaltara.com – Humas Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara (Kaltara) membeberkan penerimaan Bintara Polri tahun 2020 Polda Kaltara mendapat kuota 330 orang untuk polisi laki-laki dan 7 orang untuk polisi wanita. Sementara animo yang mendaftar sebanyak 1.150 orang.

Setelah melalui seleksi yang ketat, bersih dan transparan, akhirnya yang dinyatakan lulus dan berhak ikuti pendidikan bintara Polri total sebanyak 408 orang. Dengan rincian 384 orang polisi laki-laki dan 24 orang polwan.

Dari jumlah tersebut putra-putri asli suku Dayak, Tidung dan Bulungan yang berhasil lulus seleksi sebanyak 93 orang, dengan rincian 83 orang polisi laki-laki dan 10 orang polwan.

408 orang siswa brigadir polda Kaltara rencananya akan dididik di SPN Lido untuk 384 orang polisi laki-laki dan sebanyak 24 orang siswa polwan dididik di Sepolwan Polri Jakarta.

Hasil seleksi tersebut mendapatkan apresiasi dari tokoh masyarakat Kaltara, Muhammad Nasir. Ia memuji peran Polda Kaltara yang banyak menerima putra-putri daerah untuk menjadi polisi.

“Kita harus berterima kasih kepada Polda Kalimantan Utara bahwa dengan adanya penerimaan bintara polisi ini, putra-putra daerah kita banyak yang lulus, banyak yang diterima,” ujar Muhammad Nasir kepada awak media, Sabtu (14/11/2020).

“Apapun yang dilakukan oleh polda kita sangat apresiasi dan berterima kasih, semoga anak-anak yang lulus ini semuanya sehat-sehat semua karena dalam waktu dekat akan diberangkatkan ke Jakarta pendidikan,” ungkapnya.

Menurutnya, ini merupakan respon Polda Kaltara secara keseluruhan, dalam hal ini kapolda, terhadap anak-anak daerah yang ikut mendaftar masuk bintara polisi.

Muhammad Nasir berharap semoga di tahun-tahun berikutnya, kesempatan bagi anak-anak daerah lebih banyak lagi untuk ikut tes dan diterima, lebih daripada sekarang.

Terpisah, seorang polisi wanita (polwan) asal Malinau, Imerlin mengaku, ia turut mengapresiasi kuota penerimaan bintara di Polda Kaltara terus bertambah dari tahun sebelumnya. Menurutnya, sangat jarang sekali putra putri daerah Kaltara diterima di Institusi Kepolisian. Setelah dinyatakan lulus beberapa waktu lalu, ia pun turut bangga. Pasalnya, ia sudah melakukan seleksi sebanyak tiga kali dan baru diterima pada tahun ini.

“Karena personil di Polda Kaltara masih kurang, kita berharap bisa mengabdi di Kaltara. Jadi ketika kita kembali nanti bisa banyak membantu dan melayani masyarakat dan bisa membawa nama baik Kaltara,” ucapnya.

Menanggapi hal ini, Kapolda Kaltara, Irjen Pol Bambang Kristiyono menyatakan, dari animo pendaftar awal seleksi penerimaan Bintara Polri tahun 2020 sebanyak 1.150 orang. Setelah mendapat kuota seleksi, pihaknya kembali menyaring putra putri daerah Kaltara.

“Ini termasuk atensi kita agar bisa membanggakan warga Kaltara. Sebelumnya kami sempat menegaskan tidak ada calon siswa yang membayar untuk menjadi anggota kepolisian. Jika ada, sanksinya akan didiskualifikasi, saya lapor dan copot. Jadi gratis sama sekali. Setelah kembali ke Kaltara, Bintara muda ini nantinya siap mengawal keamanan dan ketertiban masyarakata di wilayah Kaltara,” tuntas jenderal bintang dua ini. (mk99/rt20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here