Rumput Laut Nunukan siap di ekspor ke Korea Selatan

NUNUKAN – Untuk kesekian kalinya, PT. Sebatik Jaya Mandiri (SJM) akan kembali melakukan ekspor rumput laut sebanyak 2 kontainer dengan berat 40 ton rumput laut kering dengan tujuan Korea Selatan. PT. SJM saat ini ini sedang melakukan proses pengisian kontainer di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, serta mengurus beberapa dokumen ekspor yang dibutuhkan.

Manajemen PT. SJM, Sabirin saat dihubungi menyatakan semua persiapan ekspor sudah dilakukan dengan baik, hanya tinggal proses pengisian kontainer dan pengangkutannya ke atas Kapal Ferison 22.

“Mudah – mudahan dalam waktu satu atau dua hari ini bisa selesai, sehingga kegiatan ekspor ini bisa segera dilakukan,” kata Sabirin, di Nunukan.

Secara terpisah, Syafaruddin, Kepala Seksi Fasilitasi dan Pembinaan Ekspor Import di Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan menyampaikan pihaknya hingga kini belum menerima pengajuan berkas permohonan Surat Keterangan Asal (SKA) rumput laut yang akan diekspor oleh PT. SJM.

Syafaruddin memperkirakan PT. SJM baru akan mengajukan berkas permohonan SKA setelah selesai melakukan pengisian kontainer.

“Kalau saat ini berkas itu belum kami terima, tapi pada intinya kami siap membantu dan memfasilitasi kegiatan itu (ekpor rumput laut) kapan pun, 24 jam kami siap membantu mereka,” kata Syafaruddin.

SKA adalah salah satu dokumen yang dikeluarkan oleh Dinas Perdagangan kabupaten/kota sebagai salah satu syarat bagi perusahaan yang akan melakukan kegiatan ekspor.(Red/Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here