JAKARTA, mediakaltara.com – Pemerintah menggenjot percepatan transformasi digital nasional. Manfaat internet belum merata di Indonesia.

“Ada 12.548 desa dan kelurahan serta 150 ribu titik layanan publik belum terjangkau internet memadai,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dalam diskusi virtual di Jakarta, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Johnny mengungkapkan strategi pertama yakni perluasan infrastruktur internet. Sehingga jaringan 4G bisa terasa khususnya di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam diskusi virtual di Jakarta, Sabtu, 22 Agustus 2020/Istimewa

Jurus kedua yaitu membangun pusat data nasional. Johnny menyebut pusat data menjadi prasyarat kebijakan satu data di Indonesia.

“Kita tahu persoalan selama ini implementasi perlindungan sosial dan layanan kesehatan adalah masalah satu data nasional,” ujar politikus Partai NasDem itu.

Johnny menyebut pusat data nasional sangat urgen. Sebab, kebijakan pemerintah bakal lebih efektif dijalankan jika mengacu pada satu basis data.

“Ketiga, pengembangan sumber daya manusia bidang digital, komprehensif, dan berkelanjutan,” ucap Johnny.

Dia mengatakan literasi digital bakal difokuskan mulai dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), petani, peternak, dan nelayan. Sehingga mereka memahami manfaat teknologi dalam usahanya. (medcom.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here