JAKARTA –  Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate, menyambut baik bila Partai Demokrat akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) karena dinilai bermanfaat untuk menunjang pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang lebih efektif.

Sekjen Partai NasDem, Jhoni G Plate

“Gabungnya Demokrat bisa bermanfaat bagi pemerintahan untuk menciptakan sistem presidensial yang efektif,” kata Johnny di Jakarta, Kamis (6/6).

Untuk menjalankan roda pemerintahan presidensial yang lebih efektif, kata Johnny, DPR RI perlu memiliki oposisi untuk mampu menjaga pemerintahan Jokowi-Amin. NasDem memandang perlu adanya check and balances dari kubu oposisi yang konstruktif di parlemen.
“Tidak harus seluruh fraksi di parlemen menjadi anggota koalisi pemerintah, tetapi DPR RI juga mampu menjaga governance politik yang baik. Peran fraksi oposisi yang konstruktif (tidak hanya asal beda) dalam mengambil kebijakan publik yang baik bersama fraksi koalisi pemerintah,” ujarnya.
Peluang Demokrat merapat ke Jokowi semakin besar. Kedekatan Demokrat dengan partai pendukung pemerintah semakin terlihat jelas ketika anak sulung Presiden ke 6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke rumah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. AHY juga didampingi putra kedua SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. (MK*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini