Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akan mengkaji terkait mahalnya harga tiket pesawat, termasuk milik Garuda Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno.

“Garuda terus kita review (harga tiket),” kata Rini saat ditemui dalam acara halalbihalal, di Gedung Sinergi 8, Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 10 Juni 2019.

Rini mengatakan pemerintah akan mengupayakan supaya harga tiket pesawat kembali murah. Begitu juga dengan tiket-tiket pesawat ke daerah-daerah terpencil.

“Insyaallah ke depan kita makin bisa lebih baik. Harusnya, coba berikan harga yang lebih baik,” ujar Rini.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono sebelumnya menyatakan pemerintah bakal melakukan evaluasi terhadap industri penerbangan usai liburan. Pemerintah akan membahas wacana menggandeng maskapai asing guna menekan harga tiket.

“Kita akan evaluasi apakah dengan mengundang maskapai asing bisa membuat pasar tidak duopoli, dan tentu plus-minusnya. Kebijakan ini harus hati-hati kita pertimbangkan,” ujar Susiwijono.

Selain itu, pemerintah juga akan mengevaluasi terkait Penurunan Tiket Batas Atas (TBA) sebesar 12-16 persen maskapai full service, apakah berhasil memberi kontribusi terhadap penurunan harga tiket atau tidak.

“Waktu kita menurunkan TBA, kita sepakat habis Lebaran dievaluasi lagi, apakah itu benar-benar bisa menurunkan atau diperlukan upaya lain,” kata Susiwijono. (red/medcom)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini