Nunukan – Memiliki luas kawasan kurang lebih 74 hektar, Kawasan Wisata Air Terjun Binusan saat ini menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Nunukan. Di kawasan wisata ini, pengunjung bisa merasakan kembali suasana khas hutan tropis, mendengarkan suara berbagai jenis serangga hutan, dan sesekali terdengar suara burung enggang yang unik, gemerisiknya gesekan daun – daun tertiup angin, serta melihat langsung pohon – pohon ikonik Pulau Kalimantan, seperti Pohon Ulin, Meranti, Gaharu, dan pohon – pohon yang lain.

Foto Humas

Pengunjung juga akan disuguguhi pemandangan indah berupa air terjun setinggi kurang lebih 12 meter yang mengalir dari sela – sela bebatuan. Di sini, para pengunjung bisa mandi dan berenang bersama anggota keluarga di bawah air terjun yang memiliki air yang cukup jernih. Berbagai spot menarik yang bisa dijadikan ajang foto dan swafoto (selfi) untuk diupload di medsos juga menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini.

Tidak hanya itu, kalau beruntung kita juga akan bisa menyaksikan kawanan monyet, baik monyet bekantan atau hidung panjang, maupun monyet ekor panjang, yang datang di pinggir kolam untuk minum.

Untuk menambah kenyamanan para pengunjung, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga selaku pengelola objek wisata sekarang sudah menyelesaikan pembangunan berbagai sarana dan prasarana penunjang pariwisata, seperti 5 buah gazebo kayu, 2 menara pandang, plaza kuliner, panggung hiburan, souvenir shop, dan mushola. Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan tidak perlu khawatir, akses masuk ke lokasi wisata juga sudah mulus, meskipun belum diaspal tapi dijamin tidak akan becek.

Pengelola pun sudah menyiapkan areal parkir yang sangat luas dan mampu menampung puluhan mobil dan ratusan sepeda motor. Berbagai upaya yang dilakukan oleh pihak pengelola tersebut pelan tapi pasti mulai memperlihatkan hasil. Terbukti, jumlah pengunjung menunjukkan trend meningkat dari waktu ke waktu. Hingga periode pertengahan tahun 2019 saja misalnya, tercatat kurang lebih 6 ribu pengunjung yang sudah mengunjungi objek wisata tersebut.

Memang, jumlah kunjungan terbesar hanya terjadi pada akhir pekan atau pada hari – hari libur saja. Tetapi dengan semakin lengkapnya berbagai fasilitas penunjang yang disediakan, maka angka kunjungan wisatawan dipastikan akan terus bertambah.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Nunukan, Syafarudin mengaku optimis Objek Wisata Air Terjun Binusan di masa mendatang akan menjadi pilihan tempat rekreasi keluarga seiring dengan semakin lengkapnya sarana dan parsarana pariwisata yang disediakan.

“Jadi nanti tidak usah jauh – jauh pergi ke luar daerah kalau mau berwisata, cukup di Binusan saja,” ujar Syafarudin. (dodo/tus/Len/ilo/hms)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini