BANJARMASIN – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Kalimantan Selatan (Kalsel) Guntur Perwira mengapresiasi kinerja dari jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem se-Kalimantan Selatan yang telah bekerja nyata dan meraih hasil positif di Pileg 17 April lalu.

“Saya mengapresiasi kerja DPD Partai NasDem se-Kalsel untuk bisa memperoleh kursi legislatif,” kata Guntur saat memimpin rapat evaluasi kinerja Bappilu NasDem se Kalimantan Selatan pada gelaran Pileg 2019, Sabtu (15/6).

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Partai NasDem di Kota Banjarbaru berhasil mendapatkan empat kursi dengan angka naik 13,8 persen.

Begitu juga di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Partai NaDem berhasil meraih tujuh kursi atau naik 48 persen dan mendapat posisi Wakil Ketua I.

Sementara itu di Tanah Laut NasDem mampu mempertahankan empat kursinya akan tetapi jumlah suaranya mampu naik signifikan dari 16 ribu lebih menjadi 18 ribu lebih.

Di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) NasDem sukses naik 100 persen dengan raihan dua kursi dan Kota Banjarmasin tetap bertahan satu kursi di dapil Banjarmasin Timur. Begitu juga di Tanah Bumbu, NasDem meraih 66 persen namun mengalami penurunan, yakni hanya mampu meraih 1 kursi.

“Kita tetap menghargai hasil kerja mereka. Yang pasti Partai NasDem memiliki kursi DPRD se-13 kabupaten/kota di Pemilu 2019 ini,” kata Guntur.

Partai NasDem menorehkan tinta emas di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang suaranya naik 300 persen dan mampu meraup empat kursi dan menduduki posisi wakil ketua 2. Sama halnya di Kabupaten Batola naik dari yang sebelumnya non seat menjadi 2 kursi.

Tak kalah fantastis adalah raihan NasDem di Kabupaten Banjar yang mengalami kenaikan 133 persen dengan tujuh kursi plus posisi wakil ketua 2. Sama halnya di Kabupaten Tapin NasDem naik drastis dengan dua kursi, bahkan di dapil 1 NasDem mendapat kursi pertama unggul suara dari Golkar.

Sedangkan di Kabupaten Balangan NasDem sukses memperoleh dua kursi, Kabupaten Tabalong raihan dua kursi, serta Kabupaten Kotabaru mengalami penurunan dengan sabetan hanya mampu dua kursi, dari sebelumnya enam kursi dengan posisi Ketua DPRD.

NasDem di Dapil 1 Kalimantan Selatan yang meliputi daerah Batolam Banjar, Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan, Tabalong sukses mendapat 123.656 suara untuk DPRD Kabupaten, 68.593 suara untuk DPRD Provinsi dan 52.832 suara untuk DPR RI.

Sedangkan di Dapil 2 yang mencakup daerah Banjarmasin, Banjarbaru, Tala, Tanbu, Kotabaru NasDem mendapat 63.429 suara DPRD Kabupaten/Kota, 41.183 suara DPRD Provinsi dan 47.005 suara untuk DPR RI.

“Jumlah tersebut menghasilkan 41 kursi DPRD Kabupaten/Kota, dan 4 kursi DPRD Provinsi Kalsel atau kenaikan kursi legislatif sekitar 32, 8 persen,” tutup Guntur Perwira. (Red/MK*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini